Brilio.net - Dosen yang baik tentu akan menyenangkan bagi mahasiswa karena sikapnya yang bisa menciptakan lingkungan belajar kondusif dan positif. Dengan bersikap ramah, sabar dan mendukung, dosen dapat membangun hubungan yang baik dengan mahasiswa, sehingga mereka merasa lebih nyaman untuk bertanya dan berdiskusi. Sikap baik juga meningkatkan motivasi dan semangat belajar mahasiswa.

Hal itulah yang dirasakan oleh salah satu mahasiswa di Universitas Tadulako, Palu. Ia menceritakan bagaimana baiknya sikap dosen kepada dirinya.

Brilio.net melansir dari TikTok @ennnnnoor, Kamis (4/7), mahasiswa yang diketahui bernama Juni diberikan tugas untuk mengonversi nilai oleh dosennya. Tugas tersebut rupanya belum rampung dikerjakan. Sang dosen pun mengundang Juna ke rumah untuk menyelesaikan di sana.

dosen berasa ibu kandung © TikTok

dosen berasa ibu kandung
© TikTok/@ennnnnoor

Namun ternyata pria tersebut tidak punya kendaraan, ia hendak meminjam motor temannya. Namun dosennya mengatakan lebih baik naik ojek online saja. Perkara ongkos, dosennya yang bersedia menanggung.

"Naik gojek saja ke sini nak nanti bayar di rumah, ada motor juga yang bisa dipakai di rumah," tulis sang dosen dikutip dari akun @ennnnnoor pada Kamis (4/7).

dosen berasa ibu kandung © TikTok

dosen berasa ibu kandung
© TikTok/@ennnnnoor

Sebagai tamu, Juna diperlakukan baik oleh pemilik rumah. Dia ditawari makan oleh dosennya, bukan cuma sekali bahkan sampai berkali-kali. Setiap ada makanan, ia pasti akan bertanya kepada Juna apakah sudah makan atau belum.

"Sudah makan? ada nasi kotak di sini. Kalau mau datang ambil ke mari," kata dosen itu.

Kebaikan dosen ini juga tampak ketika Juna sedang sidang proposal. Dosennya ini melakukan hal tak terduga. Ia memesan konsumsi yang diperlukan oleh Juna selama menjalani sidang. Hal ini pun lantas membuat Juna tak bisa berkata-kata atas kebaikan dosen tersebut.

"Dan pas ujian proposal aku di pesanin konsumsi sama dosenku," tulisnya.

dosen berasa ibu kandung © TikTok

dosen berasa ibu kandung
© TikTok/@ennnnnoor

Usut punya usut, tindakan dosen yang begitu peduli itu ternyata memiliki sebuah alasan. Juna mengungkapkan bahwa sang dosen tak ingin mahasiswanya malas-malasan. Kebaikannya bisa berupa motivasi untuk meningkatkan semangat belajar.

"Ternyata ada alasan sendiri kenapa beliau mengajarnya begitu. Supaya mahasiswa itu tidak malas-malas dalam pelajaran dan tidak hanya copy paste saja," tulis Juna

Kepedulian dosen dengannya ini pun lantas menarik perhatian netizen. Banyak yang turut memuji kebaikan sang dosen. Postingan berupa slide foto itu sudah ditanggapi lebih dari 1200 komentar.

dosen berasa ibu kandung © TikTok

dosen berasa ibu kandung
© TikTok/@ennnnnoor

"Baru kelar pmm di UNTAD, lingkungan nya emang sebaik ituuu. dosen, mahasiswa, warloknya the best. kangenn palu, kangen untad, kangen mereka," kata @sweetsaturn.

"Pernah pmm di untad orangnya baik2 bangetttt apalagi prof anang ketua mbkm untad, apalagi ibu asrama mahasiswa untad baik2 semuaa. Jadi rinduu kota palu karena untad," tulis akun @bagasaja

"pacar gw ilmu pemerintahan di untad juga btw pengen dosen kayak gitu," komentar akun @chenzii.