Brilio.net - Pengajian adalah salah satu kegiatan keagamaan yang sering diadakan di berbagai komunitas, sebagai wadah untuk belajar dan memperdalam pengetahuan agama. Dalam acara pengajian, selain ceramah, tuan rumah biasanya menyediakan konsumsi berupa nasi kotak atau jajanan pasar. Nasi kotak yang disajikan umumnya berisi nasi, lauk-pauk, dan sayuran.

Kebiasaan menyediakan konsumsi dalam bentuk nasi kotak dan snack jajanan pasar ini sudah menjadi tradisi yang melekat di berbagai pengajian. Hal ini tidak hanya sebagai bentuk pelayanan kepada para tamu, tetapi juga sebagai simbol kebersamaan dan gotong-royong dalam masyarakat.

Namun agaknya pengajian di desa satu ini punya terobosan baru. Alih-alih menyuguhkan nasi kotak atau snack pasar, pengajian di Desa Sendang, Jawa Timur. Dilansir brilio.net dari TikTok @mmd_ftp_01_desasendang, pihak penyelenggara menyediakan makanan yang nggak kaleng-kaleng.

momen pengajian ngegrill © TikTok

momen pengajian ngegrill
© TikTok/@mmd_ftp_01_desasendang

Dalam video tersebut sedang memperlihatkan kondisi pengajian yang ramai didatangi jamaah. Jamaah yang hadir duduk lesehan di atas terpal menghadap panggung penceramah. Mereka terlihat khusyuk mengikuti rangkaian acaranya.

Usai pengajian, waktunya konsumsi dikeluarkan. Bukan nasi kotak yang terlihat dibagikan, melainkan daging yang disajikan dengan metode grill atau bakar. Metode grill adalah membakar dengan menggunakan alat pemanggang kecil yang diletakkan di atas kompor.

momen pengajian ngegrill © TikTok

momen pengajian ngegrill
© TikTok/@mmd_ftp_01_desasendang

Makanan ini populer di kalangan anak muda. Mereka biasanya menyebut dengan BBQ-an atau ngegrill. Terlihat dalam video, satu alat pemanggang disiapkan untuk beberapa orang. Para jemaah langsung menyantap segala sajian di tempat. Suatu pemandangan yang jarang sekali ditemui pada pengajian.

momen pengajian ngegrill © TikTok

momen pengajian ngegrill
© TikTok/@mmd_ftp_01_desasendang

Selain cara memasak dan menyantapnya yang modern, makanannya juga tampak mewah. Grill identik dengan memasak daging dengan waktu yang singkat, begitu juga yang terlihat pada video. Beberapa daging dengan irisan tipis ditaruh di alat grill yang membuatnya bersentuhan langsung dengan api dan arang.

"Ikut pengajian paling konsumsinya nasi kotak, sorry-sorry ya dek, ngegrill nih," tertulis di caption.

Diketahui, pengajian ini diadakan di Desa Sendang, Kec. Sendang, Kabupaten Tulungagung. Videonya lantas menjadi viral dan mengundang perhatian netizen. Banyak yang menganggap bahwa menu semacam itu bisa menambah semangat untuk ikut pengajian.

momen pengajian ngegrill © TikTok

momen pengajian ngegrill
© TikTok/@mmd_ftp_01_desasendang

Dari video tersebut diposting hingga artikel ini ditulis, akun @mmd_ftp_01_desasendang telah menghimpun 750 ribu penonton. Selain itu terdapat juga 102 ribu akun yang memberi like dan 1660 komentar.

"Dijamin anak mudanya langsung rajin pengajian," tulis akun @sweatypie.

"Liat panggungnya aj udh keliatan mewahnya," kata akun @amara's girl.

"Aku dulu pas kkn berangkat pengajian sengaja gak masak sama temen2, ternyata cuma dapat kopi sama roti. Pulang langsung masuk angin," ujar akun @ibuperi.

"Kek gini mah tiap mlm rajin pengajian gue," komentar akun @chocopie.

@mmd_ftp_01_desasendang desa sendang best bgt brooo #mmdftpub2024 #ub #universitasbrawijaya #kkn2024 #kkn #fyp suara asli - Didin