Brilio.net - Kisah mengharukan datang dari SMA Negeri 1 Karanganyar, Kebumen, Jawa Tengah. Siswa-siswi kelas X-10 di sekolah tersebut menunjukkan kepedulian luar biasa kepada salah satu teman mereka bernama Romsi. Mereka berinisiatif mengumpulkan uang untuk membeli sepeda bagi Romsi yang selama ini harus berjalan kaki ke sekolah.

Aksi mulia ini bermula dari keprihatinan teman-teman sekelas Romsi yang mengetahui bahwa ia sering terlambat masuk sekolah. Penyebabnya, Romsi harus menempuh perjalanan jauh dengan berjalan kaki atau menumpang kendaraan orang lain. Melihat kondisi temannya, mereka pun sepakat untuk patungan membeli sepeda.

Momen penyerahan sepeda kepada Romsi diabadikan dalam sebuah video yang kemudian viral di media sosial. Video berdurasi 53 detik tersebut menampilkan suasana haru saat Romsi menerima hadiah sepeda dari teman-temannya.

Saat momen penyerahan sepeda, salah satu perwakilan siswa menyampaikan pesan penuh makna kepada Romsi. Ia menegaskan bahwa kepedulian mereka muncul karena merasa sudah menjadi teman dekat.

siswa sekelas patungan beli sepeda untuk teman © 2024 TikTok

foto: TikTok/@sriharyati999

"Kita peduli sama kamu Rom, karena kamu sering telat. Kamu berangkat sekolah naik apa? Nebeng kalau nggak jalan kaki kan. Ya kita belikan sepeda untuk kamu buat ke sekolah," ucapnya dalam video tersebut, dikutip brilio.net pada Selasa (10/9).

Romsi yang menerima kebaikan teman-temannya terlihat sangat terharu. Ia tak bisa menyembunyikan rasa syukur dan terima kasihnya atas kepedulian teman-teman sekelasnya.

"Terima kasih kepada semuanya, kelas X-10," kata Romsi membalas dengan rasa terima kasih.

siswa sekelas patungan beli sepeda untuk teman © 2024 TikTok

foto: TikTok/@sriharyati999

Seorang guru yang menyaksikan peristiwa tersebut turut memuji tindakan mulia para siswanya. Melalui akun TikTok pribadinya, sang guru membagikan momen mengharukan ini.

"Sepeda untuk Romsi. Anak-anak kelas X-10 bahu membahu membelikan sepeda untuk temannya yang ke sekolah jalan kaki. Kalian keren. Bu Guru banyak belajar dari kalian," ungkap seorang guru melalui akun TikTok pribadinya @srihayati999.

Inisiatif membeli sepeda untuk Romsi ternyata sudah direncanakan dengan matang oleh teman-teman sekelasnya. Mereka bahkan berkoordinasi melalui grup WhatsApp dan berkonsultasi dengan wali kelas.

siswa sekelas patungan beli sepeda untuk teman © 2024 TikTok

foto: TikTok/@sriharyati999

Kisah ini menjadi viral dan menuai banyak pujian dari warganet. Banyak yang tersentuh melihat kepedulian dan ketulusan para siswa dalam membantu teman mereka.

"Ternyata cerita yang pernah kubaca di majalah anak-anak 40 tahun lalu, ada di dunia nyata," kata @gemartempe.

"Ini si keren.....no bully..support temen....mudah2han makin banyak jiwa anak2 seperti kalian2 ini," kata @aqillasigit.

"Suka bgt sama circle pertemanannya, selalu jadi orang baik yaa semoga romi gak telat lagi," ujar @pdljpalryd.

"Begini seharusnya anak2 indonesia. orang tua dan guru berhasil mendidik mereka," kata @yayang_661.

"keren bgt, anak anak seusia ini bisa membuat lingkungan sehat, menciptakan energi positif, dan pasti vibe nya positif," komentar @alexchandra70.

@sriharyati999 Sepeda untuk Romsi. Anak-anak kelas X-10 bahu membahu membelikan sepeda untuk temannya yang ke sekolah jalan kaki. Kalian keren. Bu Guru banyak belajar dari kalian. #fyp #sahabat #teman #bahagia #terharu #bikinharu #kebumen #viral #guruasik #gurutiktok #belajarasik #merdekabelajar #kemendikbud #kurikulummerdeka #indonesia #anakindonesia #genz #AAALASPARATUCURRO Bounce When She Walk - Ohboyprince