Brilio.net - Menu makanan sehat merupakan hal penting bagi setiap orang. Pasalnya, makanan yang sehat, akan menghasilkan berbagai manfaat pada tubuh. Terutama ketika sarapan, kamu yang akan berkegiatan sehari penuh, tentu butuh asupan yang sehat.

Dalam banyak anjuran ahli gizi, sarapan memang dianjurkan. Dikutip dari healthline.com, penelitian menyebutkan kalau orang yang sarapan cenderung lebih sehat daripada yang melewatkan sarapan. Namun, hal tersebut dengan catatan kalau menu yang disantap saat sarapan harus sehat tidak asal mengenyangkan.

Namun, di media sosial, warganet tengah diramaikan oleh postingan viral seorang ibu yang punya cara nyeleneh ketika menyiapkan sarapan untuk anaknya. Dilansir brilio.net dari akun @ibuk.utti, Rabu (3/7), ibu pemilik akun ini membagikan menu nyeleneh untuk sarapan anaknya.

Ibu kasih sarapan tidak sehat ke anak TikTok

foto: TikTok/@ibuk.utti

Bukannya empat sehat lima sempurna, sang ibu malah memberikan porsi sarapan yang cenderung tidak sehat untuk sang anak. Sang ibu malah memberikan sepiring nasi, kentang goreng, nugget goreng, dan saus.

"Sepiring nasi, sepiring kentang goreng, sama nugget buat sarapan, udah bikin kenyang anak kan bun? Takut anak kelaparan di sekolah," tulisnya di keterangan video.

Hal ini pun membuat banyak warganet tidak setuju dengan cara si ibu. Pasalnya dalam menu sarapan yang ia siapkan, terlalu banyak karbo, minim serat dan protein. Tak ada sayuran, ataupun buah-buahan yang dipercaya kaya akan vitamin untuk menunjang ketahanan tubuh sang anak.

Ibu kasih sarapan tidak sehat ke anak TikTok

foto: TikTok/@ibuk.utti

Namun, ketika mendapat teguran warganet di kolom komentar, sang ibu malah menjawab dengan kalimat terkesan ngeyel dan menyepelekan aspek kesehatan dari menu sarapan anaknya tersebut.

"Kalau boleh saran, proteinnya diganti yang alami aja, sama dikasih sayur-sayuran," tulis pemilik akun @kaktuskecil21_.

"Ribet bun, yang simpel-simpel aja," jawab sang ibu nyeyel.

"Gak mau ribet dan yg penting kenyang, mantap bu. Lauk instant dan double karbo, sampai sekolah ngantuk padahal harga kentang dan nugget lebih mahal daripada telur, ikan atau tumisan wortel dan buncis," tulis akun @riensaja.

"Kata siapa ngantuk? Anak saya aktif-aktif aja tuh," jawab si ibu bikin heran warganet.

Sang ibu seperti belum mengerti betapa tidak sehatnya konsumsi karbo berlebihan. Pasalnya banyak literatur yang sangat tidak menyarankan untuk mengkonsumsi karbohidrat secara berlebihan tanpa diimbangi oleh serat dan protein.

Bahkan, sebuah penelitian yang dilansir brilio.net dari laman hri.org.au, Rabu (3/7) menyebutkan, ada 10 akibat yang harus diwaspadai jika kamu mengonsumsi karbohidrat berlebih: Pertambahan berat badan, gula darah tinggi, kelelahan, kolesterol tinggi, insulin serum tinggi, masalah kulit, Trigliserida tinggi, keinginan makan yang manis-manis, sembelit dan kembung, dan sistem pencernaan menjadi terganggu.