Brilio.net - Ribuan masyarakat turun ke jalan untuk melakukan aksi demonstrasi di depan Gedung DPR/MPR RI pada Kamis (22/8). Aksi ini digelar sebagai respons atas rapat Panitia Kerja yang diadakan oleh Badan Legislasi (Baleg) DPR RI terkait Revisi Undang-Undang Pemilihan Kepala Daerah (UU Pilkada). Terlebih, DPR RI disebut akan menganulir putusan MK nomor 60 tahun 2024.

Masyarakat menyebut bahwa hal tersebut merupakan bagian dari aksi membegal demokrasi. Karena itu, masyarakat berbondong-bondong melakukan aksi unjuk rasa. Biasanya, momen ini juga menjadi peluang bagi pedagang asongan untuk menjual berbagai jenis minuman dan jajanan.

Namun tidak dengan pedagang asongan satu ini. Alih-alih berjualan, ia justru memberikan dagangannya secara gratis kepada pendemo. Momen tersebut diunggah oleh Muhammad Guntur Romli, kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Instagram pribadinya @gunromli.

momen pedagang asongan bagikan makanan gratis © Instagram

foto: Instagram/@gunromli

Tampak dalam video, pedagang asongan tersebut menenteng dagangannya. Tampak ia menjual beragam jenis makanan seperti kacang-kacangan, kerupuk, dan makanan ringan lainnya. Namun, di tengah kerumunan ia justru tidak bermaksud menjual makanan tersebut.

momen pedagang asongan bagikan makanan gratis © Instagram

foto: Instagram/@gunromli

Sambil berteriak "gratis... gratis" ia memanggil pendemo yang ada di sekitarnya. Mendengar kata gratis, para massa aksi demo langsung berdatangan mengambil makanan yang dibagikan. Meski demikian, tampak tidak ada yang berebut, semuanya mengambil makanan tersebut dengan tertib.

"Penjualan asongan ini membagikan makanan-makanan jualannya ke peserta aksi. semoga diperbanyak rezekinya Pak," kata Guntur Romli di caption, dilansir brilio.net dari akun Instagram @gunromli pada Kamis (22/8).

momen pedagang asongan bagikan makanan gratis © Instagram

foto: Instagram/@gunromli

Suasana di sekitar gedung DPR terlihat penuh sesak dengan warga dan mahasiswa yang menyerukan penegakan demokrasi di Indonesia. Banyak dari mereka membawa spanduk dengan pesan sarkastis dan secara tegas menolak 'politik dinasti'.

Momen ini lantas menjadi viral dan mengundang perhatian warganet. Banyak yang salut dengan kebaikan pedagang asongan tersebut. Bahkan ada yang terharu dan mencoba mencari tahu sosoknya untuk memberi bantuan.

momen pedagang asongan bagikan makanan gratis © Instagram

foto: Instagram/@gunromli

"Info bapaknya dong . Ada sedikit bantuan . Terima kasih ," kata akun @banibinr.

"Terharu sekali saya melihat rakyat Indonesia bersatu jadi mengenang para pendahulu bangsa dalam merebut kemerdekaan Indonesia. Sekarang pun rakyat Indonesia harus merebut kemerdekaan konstitusi setiap warga negara!!!" kata akun @chrisyowal.

"Berkat melimpah Pak dari Tuhan untuk jenengan..rakyat kecil yg berhati jujur,baik..di tengah keterbatasannya masih bisa berbagi..pelajaran hidup yg sangat mahal," tulis akun @antonius198.

"Bapak penjualnya juga merasa pemerintah sekarang kacau balau," komentar akun @indra_wan66.