Brilio.net - Nama Eman Sulaeman belakangan ini menjadi sorotan, setelah memimpin sidang praperadilan Pegi Setiawan di Pengadilan Negeri (PN) Bandung. Hakim tunggal ini memutuskan bahwa penetapan tersangka terhadap Pegi Setiawan, dalam kasus pembunuhan Vina dan Eky tidak sah dan batal demi hukum. Keputusan ini menyoroti integritas dan ketegasan Eman Sulaeman sebagai hakim.

Dalam putusan praperadilan Pegi Setiawan, Eman menyatakan bahwa proses penetapan tersangka oleh Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Jawa Barat tidak sah, karena tidak dilakukan pemeriksaan terhadap calon tersangka terlebih dahulu.

"Penetapan tersangka tidak cukup hanya dengan dua alat bukti, namun harus ada pemeriksaan calon tersangka terlebih dahulu," tegas Eman saat membacakan putusan, dikutip brilio.net dari Liputan6, pada Sabtu (20/7).

eman sulaeman tolak gift live tiktok © 2024 brilio.net

foto: pn-bandung.go.id

Keputusan Eman ini menunjukkan ketegasan dan keberaniannya, dalam menegakkan keadilan sesuai dengan prosedur hukum yang berlaku. Integritasnya dalam memimpin sidang praperadilan ini mendapat pujian dari berbagai kalangan, termasuk warganet.

Sosok Eman Sulaeman lantas semakin bikin warganet kagum. Apalagi baru-baru ini, Eman menolak gift TikTok yang diberikan warganet. Ia benar-benar menegaskan sosoknya sebagai hakim yang berintegritas.

"Kepada seluruh masyarakat Indonesia yang saya hormati dan saya banggakan. Apabila saya lagi live di TikTok di akun @sulaeman49eman, saya harap masyarakat semua untuk tidak memberikan saweran ya, atau gift, atau yang lainnya saat saya live," dikutip dari TikTok @sulaeman49eman pada Minggu (20/7).

eman sulaeman tolak gift live tiktok © 2024 brilio.net

foto: TikTok/@sulaeman49eman

Hakim kelahiran Karawang, Jawa Barat ini menjelaskan alasan di balik penolakannya terhadap gift dari warganet. Pasalnya, hal tersebut merupakan termasuk gratifikasi yang dilarang oleh undang-undang.

"Karena saya tidak boleh menerima apapun juga dari masyarakat semua, baik itu saweran, gift, atau yang lainnya. Karena itu termasuk gratifikasi yang dilarang oleh undang-undang. Dan saya selaku hakim tidak boleh menerima apapun juga dari siapapun juga," ungkapnya lebih lanjut.

Eman juga mengingatkan masyarakat untuk tidak memberikan gift saat ia melakukan siaran langsung di TikTok. Ia meminta warganet untuk memahami bahwa hal tersebut berkaitan dengan undang-undang.

"Terima kasih atas perhatiannya, agar diperhatikan jangan sampai ketika saya live ada hal-hal seperti itu. Mohon dengan sangat untuk tidak dilakukan lagi. Terima kasih," pungkasnya.

eman sulaeman tolak gift live tiktok © 2024 brilio.net

foto: TikTok/@sulaeman49eman

Tindakan hakim kelahiran 10 April 1975 ini mendapat pujian dari warganet, yang melihatnya sebagai contoh integritas dan kejujuran seorang hakim. Warganet mendukung tindakan Sulaeman, dan memberikan saran untuk menonaktifkan gift agar tidak menimbulkan masalah.

"Mending dinonaktifkan pak hadiahnya biar org ga bisa sawer, krna spontanitas netizen liat bp live pst kasih gift," kata @auraliena.

"Waalaikumsalam pak hakim. sebelum live, di setting aja pak, jadi gift itu tidak akan aktif saat pak Hakim live," kata @sunda.pituin.

"Bliau bkn mau mnolak tapi itu bntuk kjujuran seorang petugas pmerintah, tdk blh terima hadiah dari siapapn ini patut di cntoh oleh pjabat lain, andai semua pjabat sperti ini, masyaallah sy salut bpk," puji @srikandiirahma.

"Masyaallah saat yg laen berharap saweran. ttapi bpk Eman Sulaeman. semoga Allah berikan kesehatan umur panjang. di berkahi dlm semua hal aamiin ya robbal'alamiin," kata @my.heart531.

"Saya sawer dgn doa saja pak hakim Eman Sulaeman.. semoga BPK selalu dlm lindungan Allah SWT..di mudahkan rejekinya..sehat selalu bpk hakim," kata @widy.day2.

@sulaeman49eman

saya ucapkan terimakasih banyak atas niat baiknya , cukup doakan saya yang baik baik ya . hatur nuhun

suara asli - EMAN SULAEMAN S.H