Brilio.net - Dalam kehidupan sehari-hari, sikap saling menghormati antar individu merupakan salah satu nilai penting yang sebaiknya ditanamkan sejak dini. Baru-baru ini, sebuah video yang diunggah seseorang yang diketahui guru muda lewat TikTok pribadinya, memperlihatkan contoh nyata bagaimana seorang siswa SD saling menghormati antar sesama.

Di mana bocah tersebut menunjukkan sikap hormat kepada temannya yang sedang menjalankan ibadah puasa. Melalui akun TikTok @fanozikal, guru tersebut memperlihatkan seorang siswa SD yang sedang duduk sendirian. Bukan tak punya teman, justru teman-teman siswi itu memilih beristirahat di bawah kolong meja.

Aksi siswa SD bikin salut © 2024 TikTok

foto: TikTok/@fanozikal

Teman-temannya memilih untuk tidak makan siang secara terbuka di depannya yang tengah berpuasa. Sikap ini sangat jarang ditemukan, terutama di kalangan anak-anak seusia mereka, sehingga membuat banyak orang merasa salut dan kagum.

"Teman-temannya ngimpet di bawah meja. Kenapa kalian bersembunyi?", tanya guru pria tersebut, dikutip brilio.net dari TikTok @fanozikal pada Minggu (13/10).

Ditanya sang guru, salah satu siswa SD itu menjawabnya dengan bijak. Menurut salah satu siswa yang berambut pendek, mereka bersembunyi lantaran ada salah satu temannya yang sedang berpuasa. Teman-temannya merasa kasihan jika ia yang berpuasa harus melihat mereka makan.

Aksi siswa SD bikin salut © 2024 TikTok

foto: TikTok/@fanozikal

"Soalnya kan ada yang puasa. Kalau temannya lihat kasihan. Kasihan nanti buka puasa kelaperan," ucapnya.

Tak hanya kasihan, siswa lain yang diikat rambutnya menimpali, mereka takut jika teman yang berpuasa itu tergoda untuk tak puasa.

"Takutnya kegoda pak. Nanti pengen batal," ujar salah satu siswa.

Aksi siswa SD bikin salut © 2024 TikTok

foto: TikTok/@fanozikal

Melihat aksi para siswanya itu sang guru bernama Fanoz mengucapkan rasa terima kasih lantaran sudah menerapkan sikap toleransi.

"Good job! Terimakasih yah sudah toleransi ya," ujar sang guru.

Sikap sederhana namun penuh makna seperti ini tentu dapat menjadi inspirasi bagi banyak orang, baik anak-anak maupun orang dewasa, untuk selalu saling menghormati dan mengedepankan toleransi. Dengan aksi ini, siswa SD tersebut berhasil memberikan pelajaran penting bahwa empati dan rasa hormat dapat ditunjukkan dalam hal-hal kecil sekalipun, namun berdampak besar dalam mempererat hubungan antar teman.

"percaya deh, bangga nya seorang guru bukan hanya tentang nilai yg sempurna. Tapi ketika siswa memiliki akhlak yg baik ," timpal Fanoz.

Aksi siswa SD bikin salut © 2024 TikTok

foto: TikTok/@fanozikal

Komentar warganet pun penuh dengan pujian atas sikap bijaksana siswa SD tersebut. Mereka mengapresiasi bagaimana anak-anak ini sudah mampu menunjukkan sikap empati dan menghormati perbedaan, terutama dalam hal ibadah.

"mereka lebih pinter dari pada tmn gue," ujar salah satu akun TikTok.

"masa Allah msh kecil Uda bs menghargai tmn LG puasa .," tulis akun @Rahma.

"pikiran nya dewasa bgtt." komentar akun @queshco.

"temen aku malah mukbang depan muka langsung " imbuh komentar akun @naeva.