Brilio.net - Fenomena "pernikahan dini" kembali ramai diperbincangkan di media sosial. Para warganet berbondong-bondong mengikuti tren ini dan membagikan kisah mereka mengenai pernikahan di usia muda. Salah satu unggahan yang menarik perhatian adalah video dari akun TikTok @88liya0, yang menceritakan pengalaman seorang wanita menikah di usia dini.

Wanita yang akrab disapa Liya ini mengungkapkan bahwa ia memiliki 11 anak di usianya yang masih terbilang muda, yaitu 36 tahun. Anak-anaknya memiliki rentang usia yang beragam, mulai dari yang tertua berusia 16 tahun hingga yang bungsu masih berusia 9 bulan.

Ikut tren pernikahan dini TikTok/@88liya0

foto: TikTok/@88liya0

"Ikutan trend, menikah 2007 umur 18 tahun sekarang umur 36 tahun anak alhamdulillah 11, anak pertama berumur 16 tahun, kedua, 15 tahun, ketiga 14 tahun, keempat 12 tahun, kelima berumur 10 tahun, keenam sembilan tahun, ketujuh berumur tujuh tahun, kedelapan berumur 6 tahun, kesembilan umur 4 tahun, kesepuluh dua tahun, dan terakhir berumur sembilan bulan," tulisnya di video tersebut.

Liya diketahui menikah dengan seorang pria asal luar negeri, tepatnya dari Jordania. Sebelum pernikahan, pasangan ini sempat menghadapi berbagai tantangan, termasuk perbedaan negara yang membuat proses pernikahan mereka tidak mudah. Namun, hal tersebut tidak menyurutkan cinta mereka. Liya dan suaminya pun tetap melanjutkan hubungan hingga akhirnya menikah pada 2007 dan membangun keluarga besar bersama.

Ikut tren pernikahan dini TikTok/@88liya0

foto: TikTok/@88liya0

"Yang tadi nya cinta terhalangi karena perbedaan negara sekarang alhamdulilah berkah sampai anak 11, suami asli jordan istri dari indonesia subang," tulis Liya di caption unggahan, dikutip brilio.net, Sabtu (31/8).

Liya juga mengatakan bahwa semenjak menikah, dirinya belum pernah pulang ke Indonesia. Alasannya cukup unik, Liya selalu hamil di setiap tahunnya dan melahirkan. Dia juga berharap bahwa tahun depan bisa pulang kampung ke Indonesia dan tidak ada halangan.

Ikut tren pernikahan dini TikTok/@88liya0

foto: TikTok/@88liya0

"Inilah keluarga besarku, semenjak menikah aku belum pernah pulang ke Indonesia disebabkan setiap tahun hamil dan melahirkan. Doakan kami yang semoga tahun depan bisa pulang ke Indonesia, semoga nggak ada halangan, Aamiin," tulisnya di unggahan video lain.

Sejak diunggah hingga artikel ini ditulis, video tersebut telah ditonton lebih dari 1,7 juta kali. Beragam respons pun membanjiri kolom komentar. Ada yang menyebut bahwa keluarga Liya akan menjadi penerus gen Halilintar yang terkenal di Indonesia. Ada pula yang mengomentari apakah dirinya tidak terkena baby blues.

"Penerus gen Halilintar..," ucap ellyef_27.

"anaknya ada yg selisih 1 tahun jadi masih bayi udah hamil lagi gimana ngurus bayi dalam kondisi hamil nggak baby blues tah kak ," ucap akun @muzdalifahifa115.

Lalu dijawab oleh Liya bahwa dirinya tidak pernah merasakan baby blues sepanjang melahirkan 11 anaknya.

"Alhamdulilah belum pernah merasakan baby blues," jawabnya.

"kak please ,nggak kasian sama anaknya? soalnya semakin kesana semakin susah , apalagi sekolah sama kebutuhan skrng serba mahal , semoga dikasih rezeki terus aja ya mbaa," tulis akun @hongsiuya.

"Hebat kamu mbak,kamu adalah pemenang sound nya pernikahan dini," tulis akun @akunbapak_gwe.