Brilio.net - Bangunan kosong memang mengundang perhatian orang, banyak orang penasaran alasan bangunan tersebut tidak lagi ditempati. Tentunya, rasa penasaran ini pun menjalar hingga membawa mereka ke mitos-mitos yang berkembang di masyarakat. Misalnya, rumah atau bangunan tersebut kini angker, atau bangunan tersebut dulunya terjadi kasus pembunuhan, dan masih banyak spekulasi-spekulasi lainnya.

Salah satu YouTuber yang senang mengulik bangunan kosong adalah Rizquna Channel. Lewat sejumlah unggahannya, dia kerap mempertontonkan bangunan-bangunan kosong yang dijumpainya. Baru-baru ini, sang YouTube memperlihatkan sebuah rumah di daerah Jawa Barat yang mengundang perhatiannya. Menurut informasi yang diberikan, hunian tersebut merupakan milikik jenderal besar, Prabowo Subianto.

"Kalau info yang saya dapat ini katanya rumah Jenderal Prabowo," ujar Gagas yang turut menemani Rizquna saat keliling melihat rumah tersebut.

Menurut informasi yang beredar rumah tersebut adalah rumah singgah Prabowo. Gagas menuturkan Prabowo datang jika ada kunjungan di sekitar daerah tersebut.

"Jadi kayak semacam villa gitu yah," Timpal Rizquna.

Hunian dengan desain jadul itu diketahui memiliki luas kurang lebih satu hektar. Meski tidak berpenghuni, diketahui rumah tersebut masih diurus, terbukti masih ada petugas yang membersihkan rumah tersebut.

rumah mewah Prabowo Subianto © 2024 YouTube

rumah mewah Prabowo Subianto
YouTube/Rizquna Channel

Usai berbincang-bincang Rizquna Channel langsung menyusuri berbagai sudut rumah tersebut. Diawali pada bagian depan, terdapat teras yang luas. Tampak ada beberapa tanaman, seperti pisang yang sudah ditebang dan ada juga jagung. Tak hanya itu, pada bagian teras juga terdapat kolam ikan.

"Jagung yang nanam orang lain," ujar tukang kebun tersebut.

rumah mewah Prabowo Subianto © 2024 YouTube

rumah mewah Prabowo Subianto
YouTube/Rizquna Channel

Di ruangan lain terlihat dapur, yang mana di dalamnya dilengkapi kitchen set dengan keramik berwarna hitam dipadukan dengan warna putih. Bahkan ada lukisan jadul di bagian dapur yang sudah diturunkan.

Setelah dari dapur, Rizquna beralih pada bagian kamar mandi. Masih di sekitar ruangan yang dekat dengan kamar mandi terdapat tulisan kuno yang bahasanya tak diketahui.

rumah mewah Prabowo Subianto © 2024 YouTube

rumah mewah Prabowo Subianto
YouTube/Rizquna Channel

Pindah ke ruangan tengah, terdapat beberapa ruangan yang diduga kamar. Kurang lebih ada dua kamar di bagian lantai bawah dengan ukuran yang cukup luas.

"Wow ternyata di bagian lain masih ada ruangan teman-teman," ujar @Rizquna Channel.

Sementara itu pada bagian belakang juga tak kalah luas, seperti teras bagian depan. Perbedaannya, pada rumah bagian belakang tak ada hiasan seperti tanaman dan semacamnya.

rumah mewah Prabowo Subianto © 2024 YouTube

rumah mewah Prabowo Subianto
YouTube/Rizquna Channel

Kembali ke arah dalam rumah belum di explore, terdapat ruang tengah yang luas sekali. Bahkan terlihat mewah dengan hiasan lampu gantung.

"Lampu jadul orang kaya jaman dulu, ini pakai tegel. Tembok juga dilapisi sama kayu," ujarnya.

Setelah dari ruangan tersebut, Rizquna menuju kamar. Dalam kamar tersebut ditemukan foto anak kecil yang tak diketahui identitasnya.

"Ada foto anak kecil. Terus itu ada guci. Nggak bisa keluar ya," jelasnya.

Pada kamar tertentu yang tak bisa dibuka, sembari mengintip Rizquna melihat sejumlah ornamen rumah, seperti lukisan, foto, dan sejumlah barang yang disimpan bak digundang.

"Kita coba lihat dari sini. Ini ada lukisan sayangnya ngeblur nggak fokus. Mantap banget nih tuh ada foto-fot kayak kedinasan, foto kayak lagi dinas," jelasnya.

rumah mewah Prabowo Subianto © 2024 YouTube

rumah mewah Prabowo Subianto
YouTube/Rizquna Channel

Tak cuma satu ruangan saja yang luas. Rizquna menemukan ruangan yang lebih luas. Ruangan tersebut dominan dengan warna putih yang di sudut ruangan terlihat bak panggung kecil.

"Ah luas sekali nih halamannya ya nggak. Tadi saya lihat kayak mimbar masjid tapi ternyata tempat penyimpanan buku dan lainnya, luar biasa," imbuhnya.

Sebagai informasi tambahan rumah tersebut kini bukan lagi kepemilikan Prabowo. Melainkan sudah dipindah tangankan ke orang lain.

"Ini baru ganti kepemilikan," ujar penjaga rumah.