Brilio.net - Baru-baru ini seorang wanita bernama Riri Robiani mengundang perhatian karena kisah hidupnya. Ia rela merawat sang suami, Yasir yang mengidap gagal ginjal kronis selama sembilan tahun terakhir. Kisah menyentuh itu kerap ia bagikan melalui konten-konten di media sosial TikTok pribadinya.

Wanita asal Bogor itu mengatakan jika sang suami didiagnosis mengalami gagal ginjal pada tahun 2015. Hal itu diceritakan pasangan ini pada saat tampil di podcast Youtube Youtube dr. Richard Lee, MARS, Senin, (22/7).

Riri menuturkan cobaan itu datang setelah keduanya baru menikah selama satu tahun. Yasir sendiri bingung lantaran tak pernah merasakan sakit apapun atau dari keturunan tidak ada.

Yasir mulai mengalami gejala gagal ginjal pada tahun 2015. Gejala tersebut termasuk sering cegukan, pembengkakan tubuh dan sesak napas.

"Pertama sih timbul gejala-gejala dulu dong. Gejala-gejala badan bengkak. Terus kalau tidur terlentang, terus sering cegukant, terus di mulut kayak ada aroma besi karat, kayak gitu ya," ungkap Riri.

wanita di Bogor rawat suami gagal ginjal © berbagai sumber

foto: YouTube/dr. Richard Lee, MARS

Riri pun lantas membawa suaminya ke dokter. Tak disangka hasil pemeriksaan menunjukkan kadar ureum dan kreatinin yang sangat tinggi. Dokter yang memeriksa pun langsung menyatakan Yasir mengalami gagal ginjal yang sudah sangat parah dan harus segera menjalani cuci darah.

"Ureum kreatininnya tuh tinggi, langsung dokter malah panik. kamu ini gagal ginjal udah parah banget.Harus cuci darah ya," ujar Yasir menirukan ucapan sang dokter.

Mendengar diagnosa dokter, Riri mengaku merasa sangat terkejut, karena sebelumnya mengira penyakit ini hanya ada di sinetron. Mereka awalnya merasa ragu dan menolak untuk segera menjalani cuci darah.

Selama sekitar empat bulan, pasangan ini mencoba berbagai pengobatan alternatif dan herbal, tetapi tidak ada perubahan. Akhirnya, mereka memutuskan untuk menjalani cuci darah hingga saat ini selama sembilan tahun.

"Kurang lebih 4 bulan, coba alternatif, kita coba herbal. Tapi ternyata nggak ada perubahan. Malah makin parah gitu, akhirnya cuci darah mau tidak mau," beber pasangan ini.

wanita di Bogor rawat suami gagal ginjal © berbagai sumber

foto: TikTok/@ririyassir01

Selama bertahun-tahun, Riri Robiani dengan setia mendampingi suami berobat cuci carah lebih dari 900 kali, setiap dua kali seminggu. Kondisi ini tentu berat untuk keduanya.

Pada awalnya, orang tua Yasir sempat mempertimbangkan untuk melepaskan Riri kembali kepada keluarganya. Mereka tidak ingin menjadi beban bagi sang menantu karena kondisi kesehatan anaknya.

"Mertuaku ayah ibunya Yasir sejak awal sakit sudah langsung ayo tanggung jawab kita untuk mengurus Yasir kita ambil alih lagi dari Riri. Riri boleh pulang," terang Riri.

Namun, Riri dengan tegas menolak gagasan tersebut dan memilih untuk tetap setia mendampingi suaminya. Ia mengaku ikhlas dengan kondisinya saat ini dan menerima semua kekurangan sang suami. Hal ini bukan hanya karena cinta, namun ia juga yakin bahwa ada hikmah di balik perjuangan mereka.

"Cinta, karena kan Yasir juga sebelum nikah juga sebaik itu, belum tentu Yasir jadi orang baik saat sehat, aku sih berfikir positif aja ya ujian kan selalu ada hikmah baik, siapa tahu sakitnya Yasir adalah cara Allah melindungi kita," ujar Riri.

wanita di Bogor rawat suami gagal ginjal © berbagai sumber

foto: TikTok/@ririyassir01

Riri juga menjelaskan salah satu alasan yang membuatnya tak ingin meninggalkan sang suami karena menurutnya Yasir adalah suami yang nyaris sempurna. Menurut Riri, ia selalu berpegang prinsip dengan hadist surga istri ada pada suami.

"Kita kan di dunia cuma sementara apa yang dikejar, setelah nantinya kan aku ingin masuk surga,surgaku ada disini, kenapa aku tinggalkan surgaku, cuma itu aja gak ada niat apapun," ungkap Riri.

Riri mengaku selalu mendapat dukungan dari keluarganya. Ia tak pernah memperdulikan omongan-omongan dari orang lain soal rumah tangganya.

"Seandainya ada yang menggoyahkan di hati, tapi keluargaku full support sekokoh itu benteng pertahanan rumah tangga mereka," kata Riri.

Perjuangan Riri yang ikhlas merawat suaminya ini ternyata sampai membuat Richard Lee terharu. Bak ketiban rejeki nomplok, anak Riri dan Yasir mendapatkan beasiswa dari Richard Lee sampai menempuh pendidikan kedokteran.

wanita di Bogor rawat suami gagal ginjal © berbagai sumber

foto: Instagram/@ririrobiani

Diketahui, anak laki-laki Riri Robiani dan Yasir kini masih duduk di bangku TK. Richard Lee berharap agar anak Riri dan Yasir bisa menjadi dokter membantu orang-orang sakit seperti ayahnya.

"Aku kasih beasiswa aja ya untuk anaknya yang luar biasa, aku kasih beasiswa kasih tahu anaknya aku bayarin sekolahnya sampai dia jadi dokter ya," ujar Richard Lee.

"Kalau aku ada rejeki untuk jadi dokter aku biayain dia, yang penting kalian semua bersedia terima hadiah dari aku," tandasnya.

Kisah kesetiaan dan perjuangan Riri dalam mendampingi suaminya yang mengidap gagal ginjal ini begitu menyentuh banyak orang. Tak sedikit yang terharu dan mengaku belajar dari kisah pasangan ini.