Brilio.net - Saat memutuskan untuk berkuliah, seseorang biasanya pasti memberi tahu orang tuanya. Hal ini guna mendapatkan dukungan moral maupun finansial. Dukungan moral dari orang tua sangat penting karena dapat memberikan motivasi dan rasa percaya diri yang diperlukan selama berkuliah. Sementara dukungan finansial tentu juga tak kalah berpengaruh mengingat biaya kuliah yang cukup tinggi.

Namun tidak dengan wanita yang ada dalam video ini. Selama 4 tahun ia tidak memberitahu ayahnya bahwa dirinya sedang berkuliah.

Wanita yang bernama Nurhikmah ini bercerita tentang alasannya mengapa tidak memberitahu sang ayah. Ia memulai mengingat masa-masa waktu masih duduk di bangku SD. Saat itu ia sempat putus sekolah karena orang tuanya tak punya biaya.

wanita kuliah tanpa sepengetahuan ayahnya © TikTok

foto: TikTok/@nurhikmah060

Namun, ia diam-diam melanjutkan sekolah hingga akhirnya bisa mendapatkan ijazah SD-nya. Tentu tak cukup sampai di situ, Nurhikmah juga ingin melanjutkan sekolahnya di SMP. Namun sayang, orang tuanya sudah berterus terang bahwa mereka tak punya biaya untuk Nurhikmah.

"Aku kemudian melanjutkan ke tingkat SMP meski orang tuaku sudah terus terang bahwa tak sanggup untuk menyekolahkanku," tulisnya. Dilansir dari TikTok @nurhikmah060 pada Sabtu (3/8).

wanita kuliah tanpa sepengetahuan ayahnya © TikTok

foto: TikTok/@nurhikmah060

Namun, ia tak menyerah dengan kondisi tersebut. Ia terus memaksa hingga orang tuanya mengalah dan mengupayakan agar Nurhikmah bisa sekolah SMP. Namun sayang, di akhir ia kesulitan untuk menembus ijazah SMP bahkan SMAnya karena orang tua tak bisa menyelesaikan beberapa tunggakan.

Setelah berbagai perjuangan akhirnya ia nekat untuk berkuliah. Namun pada keputusan ini, Nurhikmah sama sekali tak memberitahu sang ayah. Saat ini ia hanya punya ayah karena ibunya telah meninggal dunia.

Diketahui, ayahnya kini sudah masuk dalam kategori lansia. Fisiknya sudah tak kuat untuk bekerja. Karena itu, Nurhikmah memilih untuk menjadi tulang punggung keluarga dan bekerja sebagai kurir.

Namun, demi cita-cita ia rela membagi fokus antara kerja dan kuliah. Ia bekerja mati-matian agar semuanya terpenuhi. Pada momen ini sang ayah tidak sadar, yang ia tahu anaknya berangkat setiap hari untuk pergi bekerja.

wanita kuliah tanpa sepengetahuan ayahnya © TikTok

foto: TikTok/@nurhikmah060

"Aku memberanikan diri kuliah padahal posisiku saat itu hanya bekerja sebagai kurir karena pada saat ibuku meninggal ayahku pun sudah tidak bekerja karena umur dan tenaganya semakin menua," tulisnya.

Betapa terkejutnya sang ayah ketika melihat Nurhikmah kini sudah memiliki gelar sarjana. Dalam video tersebut terlihat momen haru saat ia mendatangi sang ayah dan mencium kakinya. Tangis haru juga pecah pada momen tersebut.

"Kuliah 4 tahun tanpa sepengetahuan ayah dan ayah tau anaknya sarjana setelah di hari wisudanya," kata Nurhikmah.

Kisah ini lantas menjadi viral dan mengundang perhatian netizen. Banyak yang tentunya turut terharu dengan apa yang telah dijalani oleh Nurhikmah. Mereka beramai-ramai memberikan doa di kolom komentar.

wanita kuliah tanpa sepengetahuan ayahnya © TikTok

foto: TikTok/@nurhikmah060

"aku dulu pngn bngt kaya mbak nya bisa kerja sambil kuliah,tp takdir mengharuskan aku buat bekerja bantu ortu yg lg nyekolahin adik aku,d posisi ortu aku 2 2 nya g kerja abang jg sma,d keluarga cmn aku," kata akun @alena

"Semoga dapat kerja impian ka. gaji yg cukup lingkungan yg baik amin amin," tulis akun @tumpahan kecantikan.

"Ga bisa kalo soal ayah, bapak ku udh di surga, liat ini jadi inget moment wisuda terakhir, mana harus berjuang 1th lagi tapi malah pergi duluan sebelum nemenin wisuda ke 2," ujar akun @kalanjengking.

"kamu hebat tidak bersantai keuangan kepada ayahmu. Semoga kamu dpt kerja yg bagus dan bahagiakan ayah mu ya mba. aku terharu," komentar akun @indahrizma

@nurhikmah060 Perjuangan seorang anak menguliahkan dirinya sendiri selama 4 tahun tanpa memberitahu kepada ayahnya. seorang ayah yg hanya mengetahui anaknya setiap hari berangkat bekerja tak pernah menyangka bahwa anaknya berjuang meraih gelar Sarjana di sela kesibukannya bekerja. #wisuda2024 #pejuangsarjanamuda #perempuanhebat Ayah Ibu - Woro Widowati