Brilio.net - Gamelan merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang memiliki nilai seni dan sejarah yang mendalam. Sayangnya, di era modern ini, tidak semua anak muda mengenal atau tertarik untuk melestarikannya. Namun, kisah seorang bocah cilik yang berasal dari Banyuwangi ini membuktikan bahwa kreativitas tanpa batas bisa menjadi sarana untuk menjaga budaya tradisional tetap hidup.

Dengan kreativitas tingkat tinggi, bocah ini berhasil melestarikan gamelan dengan cara yang tak biasa. Berawal dari ketertarikannya pada musik tradisional dan wayang, bocil ini sering menyaksikan pertunjukan gamelan di desanya. Bahkan ditelusuri akun TikTok @2012_prabu_batoro_sohip, ia juga sering membuat wayang dari bahan-bahan bekas.

Bocil bikin gamelan berbagai sumber

foto: TikTok/2012_prabu_batoro_sohip

Namun, karena alat musik gamelan asli cukup mahal dan sulit didapat, ia pun mulai berpikir untuk menciptakan sendiri gamelan dari bahan-bahan yang ada di sekitarnya. Alih-alih menggunakan bahan yang mahal, bocah ini justru mengumpulkan barang bekas.

Bocil bikin gamelan berbagai sumber

foto: TikTok/2012_prabu_batoro_sohip

Sebagai tambahan informasi, gamelan biasanya terbuat dari bahan logam, seperti perunggu atau kuningan. Namun, jika perunggu tidak tersedia, gamelan juga dapat dibuat dari besi, meski kualitas suaranya sedikit berbeda.

Dalam unggahan video di akun TikTok @2012_prabu_batoro_sohip, bocah cilik tersebut menjelaskan ada dua tipe gamelan yang dibuat dengan teman-temannya, yaitu ada gamelan slendro, saron peking, dan pelog.

"Aku sama temenku buat sebisanya dan suaranya semirip yang kami bisa," keterangan dalam unggahan video, dilansir brilio.net dari TikTok @2012_prabu_batoro_sohip, Selasa (8/10).

Dengan kecerdasan dan kreativitas yang luar biasa, pada unggahan video lainnya di akun bocil bernama Viko yaitu @wangi_prabu, menjelaskan bahwa gamelan tersebut terbua dari kaca dan keramik.

"Tak riview gamelan kaca karo keramik (mau review gamelan kaca dan keramik)" ujar akun @wangi_prabu.

Gamelan yang terbuat dari kaca dan keramik itu menghasilkan nada yang semirip mungkin dengan aslinya. Cara mereka menyamakan nada gamelan dengan aslinya adalah membentuk keramik atau kaca tersebut dengan ukuran yang disesuaikan.

Bocil bikin gamelan berbagai sumber

foto: TikTok/@Wangi_prabu

Tak hanya memanfaatkan keramik dan kaca, bagian dari badan gamelan yang dibuat para bocah cilik ini menggunakan sanggahan kayu bekas. Meski bekas, kayu tersebut cukup kokoh. Bocah cilik tersebut juga memanfaatkan tali rafia untuk mengikat antara keramik dengan kayu.

Setelah hasil karyanya jadi, kedua bocah cilik itu lantas mencoba gamelan mereka. Walaupun terbuat dari bahan bekas, alunan nada gamelan tersebut indah dan mirip dengan aslinya. Lantas unggahan tersebut mencuri perhatian netizen hingga memenuhi kolom komentar.

"BROWNIES HARUS LIAT INI," tulis komentar akun @nelayancantrangtegal.

"PLISS INI KREATIF BANGET HARUSNYA YANG KAYA GINI DI UNDANG DI TV BUKAN YG JOGET," imbuh akun @sea's.

Nek pecah pie kang (kalau pecah gimana mas),” imbuh komentar akun @rachell2gd.

Tampung tanggapan e ' (selesai acaranya),” jawab akun @anandajulyanp.

Lestarikan, di pelajari lueh jeruneh sampe gowo nama Indonesia nek internasional, gamelan cilik," timpal komentar akun @yoa.