Brilio.net - Sebelumnya viral seorang nenek bernama Mak Sombret yang rela merogoh kocek sebanyak RP 600 ribu untuk naik ojek dari Pekalongan menuju Solo. Hal itu dilakukan semata-mata ingin mengantarkan tetangganya yang hendak berangkat hati. Wanita tersebut bernama Mak Sombret yang setelah menuai sorotan ia langsung menerima banyak bantuan dari banyak pihak.

Keberuntungan terus berpihak pada wanita paruh baya itu. Banyak pihak yang ingin memberi santunan berupa uang. Karena itu Mak Sombret langsung dibuatkan satu rekening khusus. Selain itu, karena keinginannya besar untuk bisa ke tanah suci ia juga diumrohkan oleh seseorang. Kini, rumahnya juga hendak direnovasi

Memang, rumah Mak Sombret yang terletak di Desa Kulu, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Pekalongan itu tampak memprihatinkan. Terletak di tengah-tengah kebun dengan bangunan yang sudah tua. Rumah tersebut hanya berdinding kayu.

rumah mak sombret di renovasi © TikTok

foto: TikTok/@adisiwanto12

Uluran tangan datang dari Irjen. Pol. Ahmad Luthfi, Kapolda Jawa Tengah. Melalui Kapolres Kajen, ia memberikan bantuan untuk merenovasi rumah tersebut. Warga pun berbondong-bondong hadir sebagai bentuk syukuran atas bantuan itu.

Dalam video yang diposting oleh akun @adisiwanto12 memperlihatkan kondisi rumah Mak Sombret pada malam hari. Banyak warga yang hadir dan membuat suasana menjadi meriah. Diketahui, rumah Mak Sombret akan dibongkar habis yang nantinya akan di bangun kembali dengan tampilan yang lebih layak.

"Acara ini diadakan sebagai bentuk rasa syukur karena besok rumah Mak Sombret akan dibongkar dan dibangun kembali menjadi rumah yang lebih layak," kata pembuat video.

Sebenarnya, warga sudah antusias mendengar kabar baik ini sedari pagi. Mereka bekerja sama untuk membersihkan pekarangan rumah Mak Sombret. Hal itu dilakukan agar Mak Sombret tidak seorang diri memastikan bahwa segala sesuatunya siap untuk dilakukan pembongkaran.

rumah mak sombret di renovasi © TikTok

foto: TikTok/@adisiwanto12

Ketika sore hari, barang-barang material untuk rumah Mak Sombret mulai berdatangan. Senyum ceria selalu diperlihatkan oleh Mak Sombret lewat bibirnya. Sebab, ia juga tidak menyangka bahwa mendapatkan rezeki sebanyak ini.

Dalam keterangan video, Mak Sombret juga terharu dengan solidaritas dari tetangganya. Mereka rela bergotong royong untuk mempersiapkan rumahnya itu. Karena itu, Mak Sombret pun mengucapkan terimakasih kepada setiap pihak yang membantu.

Diketahui, bapak Kapolres Kajen akan mengunjungi rumah Mak Sombret dalam waktu dekat. Hal dilakukan untuk melihat-melihat keadaan rumah yang akan direnovasi. Karena itu makanya warga sekitar mengadakan syukuran di rumah Mak Sombret.

rumah mak sombret di renovasi © TikTok

foto: TikTok/@adisiwanto12

Video ini menjadi viral dan mengundang perhatian netizen. Banyak yang turut mengucapkan syukur atas apa yang telah diterima wanita paruh baya itu. Warganet juga berterimkasih kepada siapa yang telah memberikan bantuan.

"Alhamdulillah banget, tapi untuk kejadian naik ojek aku tetap nggak terima. Tetep sakit hati kalau inget," tulis akun @feb_

"Tetangganya bilang bis penuh. Malu jadinya, ternyata kuasa Allah nyata adanya," kata akun @agolnf

"Proses diangkatnya derajat Mak Sombret sangatlah luar biasa. Bermula niat mengantar tetangga berhaji dengan naik ojek. Sempat ditolak untuk ikut rombongan. Tapi takdir berkata, itulah cara Tuhan," komentar akun @rusliumar

"Semoga yang bantu Mak Sombret, diberi rezeki yang berlipat ganda," terang akun @sutarmi

rumah mak sombret di renovasi © TikTok

foto: TikTok/@adisiwanto12

Dari video tersebut diposting hingga artikel ini ditulis, akun @adisiwanto12 sudah menghimpun 181,300 penonton. Selain itu terdapat juga. 11 ribu akun yang memberi like dan 963 komentar.

 

@adisiwanto12 Acara syukuran di rumah Mak sombret @Pemerintah Desa Kulu @KAPOLDA JAWA TENGAH @POLRES PEKALONGAN #fyp #viral suara asli - Siswanto