Brilio.net - Acara Clash of Champions menjadi kompetisi yang sedang ramai dibincangkan di media sosial. Game show yang diadaptasi dari variety show Korea Selatan ini ternyata mendapat jutaan penonton usai tayang di YouTube, yakni lebih dari 7,1 juta viewer per hari ini.

Acara dari Ruangguru ini mengusung konsep game show yang mempertemukan mahasiswa brilian dari belasan universitas ternama di Indonesia. Mahasiswa ini nantinya akan mengikuti kompetisi adu kecerdasan. Salah satu peserta yang menjadi sorotan yakni Shakira Amira.

Menjadi bintang tamu di kanal YouTube Denny Sumargo, Shakira menuturkan kebiasaan yang kerap dilakukannya untuk meraih prestasi sejauh ini. Mahasiswa jurusan kedokteran itu, menerapkan positif affirmation atau afirmasi positif dalam kehidupan sehari-hari. Kebiasaan ini sudah diajarkan ibunya sejak dia kecil.

"Prinsip yang aku tetapkan dari mama ku, namanya positif affirmation. Mama ku selalu ngajarin setiap bangun tidur selalu bilang 'kamu cantik', 'kamu bahagia', 'kamu sempurna' dan semacamnya. Ambil semenit dua menit lalu sholat subuh," ucap Shakira Amira, dikutip brilio.net dari kanal YouTube CURHAT BANG Denny Sumargo, Kamis (11/7)

Lantas apa itu positif affirmation yang diterapkan Shakira Amira, peserta Clash of Champions ini? Yuk simak ulasan lengkapnya, seperti disandur brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (11/7)

Apa itu afirmasi positif?

Apa itu afirmasi positif yang diterapkan Shakira Amira peserta Clash of Champions © 2024 freepik.com

Apa itu afirmasi positif yang diterapkan Shakira Amira peserta Clash of Champions
freepik.com

Secara sederhana, afirmasi positif merupakan pernyataan positif yang diucapkan berulang kali kepada diri sendiri. Afirmasi ini membentuk pola pikir positif sekaligus menyingkirkan berbagai hal negatif yang mungkin terlintas di pikiran.

Melansir dari laman Universitas Sunan Kalijaga yang membahas tentang The Magic of Positive affirmation, menjelaskan bahwa afirmasi positif sendiri sebagai bentuk self talk yakni kata-kata atau pernyataan positif yang ditanamkan dalam diri agar mengubah diri sendiri menjadi lebih baik. Ketika melakukan afirmasi positif secara tidak langsung masuk ke dalam pikiran bawah sadar sehingga membuat kamu melakukan suatu aksi nyata.

Cara ini ampuh lho memengaruhi pola pikir dan perasaan, terutama saat kamu sering terjebak dalam pikiran negatif yang membuat kamu cenderung meragukan diri sendiri. Dampak dari positif affirmation, seseorang merasa lebih kuat secara mental, hidup menjadi lebih positif, hingga meningkatkan kualitas hidup.

Jika ingin menerapkan afirmasi positif, penting banget dilakukan secara teratur. Dan kalah penting menyadari bahwa kamu berharga sekaligus berbakat dalam bidang yang ingin digeluti.

Manfaat afirmasi positif.

Apa itu afirmasi positif yang diterapkan Shakira Amira peserta Clash of Champions © 2024 freepik.com

Apa itu afirmasi positif yang diterapkan Shakira Amira peserta Clash of Champions
freepik.com

1. Mampu meningkatkan rasa percaya diri.

Secara tidak langsung, pikiran dan perasaan positif yang kamu bangun tersebut menumbuhkan rasa percaya diri. Ya, tak bisa dipungkiri jika terkadang ada rasa keraguan, takut gagal, dan rasa khawatir lainnya dalam melakukan sesuatu. Rasanya pikiran negatif itu terus melingkupi dan membuat kamu tidak percaya diri.

Namun, ketika rutin melakukan afirmasi positif dapat meningkatkan rasa percaya diri. Percaya bahwa kamu mampu melalui sekaligus menghadapi tantangan yang ada di masa depan.

2. Menghargai diri sendiri.

Afirmasi positif, sangat bermanfaat untuk diri sendiri. Ketika terbiasa melakukan afirmasi positif dapat membentuk cara pandang terhadap diri sendiri, yang pada akhirnya membuat kamu lebih menghargai diri sendiri.

Nggak cuma itu, kebiasaan afirmasi positif yang dilakukan akan bermanfaat untuk mendukung jaringan baru di otak yang membuat kamu berpikir secara lebih sehat.

3. Mengurangi pikiran negatif.

Tujuan dari afirmasi positif yaitu menghindari diri sendiri dari berpikir negatif. Pasalnya alam semesta bergantung pada pola pikir seseorang. Karena itu, dengan menerapkan afirmasi positif membangun keyakinan positif terhadap diri sendiri.

4. Bikin hidup lebih sejahtera.

Ketika dilingkupi pikiran positif, tentu memengaruhi tindakan kamu untuk melakukan hal-hal yang positif juga. Imbasnya bermanfaat untuk mempelajari kemampuan baru yang dapat membantu kamu meningkatkan kesejahteraan dalam hidup.

Selain itu, afirmasi positif juga membantu kamu menjalin hubungan baik dengan orang. Pasalnya aura yang terpancar dari kamu lebih positif sehingga membuat orang lain lebih tertarik. Hasilnya, bisa meningkatkan peluang sukses baik di kehidupan sosial maupun dalam pekerjaan.

5. Mendukung kesehatan mental.

Afirmasi positif memang tidak menyembuhkan depresi yang dialami seseorang. Namun afirmasi positif ini ternyata membuat kesehatan mental seseorang lebih stabil. Bahkan menurut psikologi Catherine Moore dari laman AntaraNews, afirmasi positif dapat berperan dalam meningkatkan harapan hidup yang membantu proses pengobatan pasien kanker.

Cara melakukan afirmasi positif.

Apa itu afirmasi positif yang diterapkan Shakira Amira peserta Clash of Champions © 2024 freepik.com

Apa itu afirmasi positif yang diterapkan Shakira Amira peserta Clash of Champions
freepik.com

Ketika melakukan afirmasi positif pastikan konsisten. Minimal dilakukan setiap hari hari. Menelisik cara yang dilakukan Shakira Amira peserta Clash of Champions tersebut dia melakukan setiap hari saat bangun tidur.

Ketika bangun tidur, Shakira Amira akan lakukan afirmasi positif selama 1 menit. Kemudian, dilanjutkan sholat subuh. Setelah itu, dirinya lakukan aktivitas sehari-hari.

Selain cara Shakira, kamu juga bisa lakukan afirmasi positif kapan saja dan dimana saja, misal ketika perjalanan ke kantor, saat jam istirahat, di kamar mandi, mobil, atau saat didepan monitor komputer.

Adapun contoh afirmasi positif yang bisa dilakukan setiap hari, diantaranya:

1. Aku bahagia dan percaya pada diriku sendiri.

2. Aku kuat, tangguh, dan berani menghadapi berbagai rintangan.

3. Aku mencintai diri ku.

4. Aku percaya ada hal-hal baik yang selalu melingkupi hidupku.

5. Semoga aku cepat sembuh.

6. Aku bersyukur memiliki keluarga, pasangan, dan hidup ku bahagia.

7. Aku sehat, kaya raya, dan hidup penuh rasa syukur.

Ketika mempraktikkan afirmasi positif, pastikan tidak ada kata negatif didalamnya contohnya "Semoga aku tidak sakit lagi". Kata "TIDAK" mengandung konotasi negatif sehingga perlu diganti menjadi "Semoga aku segera sehat".

Begitu juga dengan kata "Jangan", "Meski aku gagal...", dan sebagainya. Usahakan kalimat yang kamu utarakan selalu bernada positif, sehingga afirmasi ini dapat bekerja dengan baik. Selamat mencoba!