Brilio.net - Insiden yang hampir menghilangkan salah satu tokoh politik baru saja terjadi di Amerika Serikat. Donald Trump, ditembak saat kampanye di Pennsylvania pada Sabtu sore waktu setempat. Ia dikabarkan baik-baik saja, namun telinga kanannya tampak berlumuran darah saat insiden itu terjadi.

Baru beberapa saat menyampaikan pidato, suara tembakan terdengar sebanyak 5 kali. Trump lantas menunduk di balik podium. Dengan cepat, anggota Secret Service melindungi Trump dan membawanya turun dari panggung.

Pelaku penembakan juga dikabarkan tewas di tempat. Diketahui tersangka ditembak dan dibunuh oleh anggota tim serangan balik Secret Service. Saat ini, motif terkait penembakan itu masih diselidiki oleh FBI.

Mengenal Secret Service berbagai sumber

foto: secretservice.gov

Namun, apa sebenarnya Secret Service ini? Bagaimana wewenang dan tanggung jawabnya? Silakan simak artikel ini hingga habis. Berikut penjelasan soal Secret Service yang dihimpun oleh brilio.net pada Minggu (14/7).

Apa itu Secret Service?

Secret Service adalah sebuah badan penegak hukum di bawah Departemen Keamanan Dalam Negeri. Jika di jadikan bahasa Indonesia, lembaga ini disebut dengan Dinas Rahasia. Dilansir dari secretservice.gov mereka dibentuk pada (1865) sejatinya bertugas untuk menghentikan para penjahat yang memalsukan uang. Namun, saat ini kewenangannya diperluas menjadi agen yang melindungi presiden, termasuk mantan presiden Donald Trump.

Berdasarkan Undang-Undang, mantan presiden Amerika Serikat diberikan perlindungan seumur hidup. perlindungan ini mencakup mantan presiden dan pasangannya, serta anak-anak mereka mencapai usia tertentu. Perlindungan secret service untuk mantan presiden didanai oleh pemerintah federal dan dianggap sebagai bagian dari tunjangan yang diberikan setelah meninggalkan jabatan.

Mengenal Secret Service berbagai sumber

foto: merdeka.com

Tugas dan Wewenang Secret Service

Tidak cuma melindungi Presiden dan Wakil presiden, mereka juga melindungi para pemimpin negara lain yang sedang berkunjung ke AS. Seandainya, Donald Trump bukan mantan presiden, ia tetap mendapatkan perlindungan dari lembaga ini karena wewenangnya Secret Service juga melindungi kandidat presiden yang mencalonkan diri dalam Pemilu.

Selain itu, salah satu Secret Service juga diminta untuk mengamankan gedung-gedung dan ruang-ruang lain yang digunakan oleh para pemimpin AS. Mereka memiliki penembak jitu yang sangat terlatih untuk melindungi ruang yang luas menggunakan peralatan dan pengawasan khusus.

Proses seleksi Secret Service

Untuk menjadi anggota agen rahasia ini, seseorang wajib memenuhi kualifikasi yang cukup ketat. Kualifikasi tersebut berupa berkewarganegaraan AS, berusia minimal 21 tahun saat melamar dan di bawah 27 tahun pada saat menerima tawaran kerja bersyarat, untuk melanjutkan proses lamaran.

Selain persoalan berkas, kandidat juga harus memiliki ketajaman penglihatan binokuler yang belum dikoreksi dengan nilai tidak lebih buruk dari 20/100. Selain itu menjadi anggota agen ini tidak boleh memiliki tato di sekujur tubuh. Pelamar juga harus lulus pemeriksaan narkoba, menyelesaikan tes poligraf dan setuju untuk bekerja di seluruh dunia.

Selanjutnya, setiap calon anggota Secret Service harus memiliki keterampilan menggunakan senjata api dan hak hukum untuk memiliki senjata api. Bagi pelamar yang pernah dihukum karena melakukan kekerasan dalam rumah tangga sudah pasti akan dicoret karena tidak memenuhi syarat.

Pelamar wajib lulus pemeriksaan pendengaran sebagaimana diukur dengan audiometer, tidak boleh melebihi 25 desibel (A.S.A. atau setara dengan I.S.O.) di salah satu telinga dalam rentang 500, 1000, dan 2000 Hz.

Mengenal Secret Service berbagai sumber

foto: AP Photo/Evan Vucci

Gaji menjadi Secret Service

Jika sudah dinyatakan lolos seleksi menjadi anggota Secret Service maka orang tersebut akan mendapatkan gaji awal sekitar Rp789 juta per tahun. Angka tersebut belum termasuk tunjangan dan manfaat lainnya. Gaji tersebut bisa saja bertambah seiring peningkatan level selama bekerja.

Dilansir dari wrightusa.com saat ini terdapat lebih dari 6,500 anggota Secret Service. Selain itu mereka juga kerap dibantu dengan unit anjing yang berjenis Bergian Malinois, ras anjing kecil dari Belanda. semua agen dilatih selama 11 minggu di Pusat Pelatihan Penegakan Hukum Federal dalam bidang hukum, senjata api, taktik pertahanan, dan penulisan laporan. Pelatihan tambahan selama 16 minggu diperlukan setelah mereka tiba di Washington, DC, yang mencakup teknik mengemudi tingkat lanjut, perlindungan fisik, dan pendeteksian uang palsu serta penipuan kartu kredit.