Brilio.net - Hubungan antara ibu dan anak seharusnya selalu terjalin erat, menjadi ikatan kasih yang tidak terputus oleh waktu maupun jarak. Namun, ada kalanya takdir memisahkan keduanya, bahkan hingga puluhan tahun lamanya.

Meski demikian, kerinduan yang tersimpan dan cinta yang mendalam tak pernah pudar. Hal itu pula yang dialami oleh seorang biarawati Katolik yang akhirnya dipertemukan kembali dengan sang ibu setelah 40 tahun berpisah.

Lewat unggahan di akun TikTok @kongregasimsc, ia membagikan momen emosional saat bertemu dengan ibunya setelah empat dekade terpisah. Di awal unggahannya, ia membagikan perjalanan panjang yang ia tempuh demi bertemu kembali dengan ibu kandungnya.

"16 jam perjalananku menemui dia yang telah meninggalkanku selama 40 tahun," tulisnya dalam caption video tersebut.

Ia menempuh perjalanan dengan pesawat dari Roma menuju Malaysia. Meski ribuan kilometer harus ditempuh, tak membuat wanita tersebut gentar untuk bertemu kembali dengan ibunya.

"Selama dalam perjalanan perasaan campur aduk, gelisah rasanya mimpi," ujarnya.

perjumpaan biarawati dengan ibu usai 40 tahun © TikTok

foto: TikTok/@kongregasimsc

Sesampainya di Kota Kinabalu, perasaan cemas dan bahagia semakin memuncak. Ia tak sabar bertemu ibunya yang telah menunggu di tempat penjemputan.

"Ini sudah tiba di Kota Kinabalu makin ga karuan perasaan mengingat di area penjemputan ada dia sudah menunggu," bebernya.

Wanita tersebut mengenang saat ibunya pergi meninggalkannya ketika ia baru berusia enam bulan. Tidak ada kabar atau berita selama bertahun-tahun, hingga akhirnya mereka dipertemukan kembali dua tahun lalu melalui media sosial.

"Yes, she is my real mom yg 40 tahun ga ada kabar," terangnya.

perjumpaan biarawati dengan ibu usai 40 tahun © TikTok

foto: TikTok/@kongregasimsc

Pertemuan itu menjadi momen yang sangat berarti baginya. Setelah puluhan tahun hanya bisa melihat sang ibu melalui foto, kini ia bisa memeluknya secara langsung.

"Mama yang hanya aku rindukan dulu, yg hanya bisa kulihat di foto, kini bisa dipeluk," ungkapnya sang biarawati.

perjumpaan biarawati dengan ibu usai 40 tahun © TikTok

foto: TikTok/@kongregasimsc

Tidak hanya bersyukur karena akhirnya dipertemukan kembali, wanita itu juga bersyukur mendapati bahwa sang ibu masih hidup dalam keadaan sehat bersama keluarga barunya. Lebih mengejutkan lagi, ibunya kini telah menjadi seorang muslim yang taat.

"Mama sudah menjadi seorang Islam yang taat," pungkasnya

Meski sang wanita adalah seorang biarawati Katolik, ia tidak merasa ada jarak antara dirinya dan ibunya yang kini berbeda keyakinan. Sebaliknya, ia sangat bangga dengan ibunya yang menjalani kehidupan baru dengan keyakinan yang kuat.

"Iya, sy seorang suster biarawati Katolik. Sy sangat bangga karena mama dan keluarga barunya adalah keluarga yg takut akan Allah SWT," jelasnya dengan penuh kebanggaan.

perjumpaan biarawati dengan ibu usai 40 tahun © TikTok

foto: TikTok/@kongregasimsc

Video ini pun sontak menuai banyak respons dari netizen. Mereka memuji kekuatan dan ketulusan sang biarawati Katolik dalam memaafkan ibunya serta menunjukkan toleransi yang indah.

"hebatnya suster 40th ditinggalkan tetap mencari ibu kandungnya dan memaafkan ibunya," komentar @widya_226.

"Terima kasih suster, terima kasih sudah mengajarkan ke dunia kalau memaafkan itu indah, sehat2 ya suster," tulis @capricorn_____00.

"Sekuat apa hatimu Kak bisa memaafkan Ibumu? Kok aku yg sedih bgt ya," sahut @hopeandwish13.

"agama apapun ,syurga tetap di telapak kaki ibu , indahnya toleransi sehat walafiat ibu , suster anak ttp anak g akan ada certnya mntan anak ataupun mntan ibu," ujar @lilyvarenciachmad49.