Brilio.net - Pengamen jalanan umumnya dikenal menggunakan kaleng atau topi sebagai wadah mengumpulkan uang. Namun, seiring pesatnya perkembangan teknologi, dunia pengamen jalanan pun ikut mengalami perubahan. Jika dulu mereka hanya bergantung pada uang receh yang diberikan oleh pejalan kaki atau pengendara, sekarang metode pembayaran digital seperti QRIS mulai digunakan sebagai alternatif.

Penggunaan metode QRIS ini tentu bikin orang nggak bisa menggunakan alasan tak punya uang kecil ketika ingin menghindari dari pengamen. Seperti yang dialami seorang pria bernama Rijal ini. Lewat video yang diunggahnya di akun TikTok pribadinya, Rijal membagikan pengalamannya saat bertemu dengan pengamen yang menggunakan QRIS untuk meminta saweran pengunjung.

momen pengamen jalanan gunakan QRIS TikTok/@@rijal_duha26

foto: TikTok/@@rijal_duha26

Dalam video itu, Rijal terlihat duduk santai sambil memegang smartphone dan rokok di tangan saat menikmati santapan di salah satu tempat makan di kawasan Jakarta. Tak lama, datang dua pengamen yang datang dengan ramah menyanyikan lagu sembari mendekati para pengunjung di sekitar, termasuk Rijal. Kedatangan pengamen tersebut pun disambut hangat pengunjung yang tampak menikmati lagu yang dibawakan.

Seperti pengamen pada umumnya, mereka mulai meminta uang sukarela dari para pendengar di tempat tersebut. Dengan lagu yang masih berdendang, salah satu dari pengamen tersebut tampak membungkukkan badan sambil menyodorkan kantung sebagai tempat uang. Uniknya, di bagian luar kantung tersebut tertempel barcode untuk metode pembayaran QRIS.

"Gila di Jakarta ngamen bisa pakai Qris," tulisnya.

momen pengamen jalanan gunakan QRIS TikTok/@@rijal_duha26

foto: TikTok/@@rijal_duha26

Tidak lama kemudian, Rijal mengeluarkan ponselnya dan melakukan scan barcode QRIS yang tergantung di kantong plastik milik pengamen tersebut. Hal ini sangat jarang terjadi dan membuat momen tersebut viral di dunia maya. Tidak hanya karena cara saweran yang anti-mainstream, tetapi juga karena penggunaan teknologi modern di kalangan pengamen jalanan.

“Terimakasih banyak para penonton, pamit undur diri Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh," ucap pengamen tersebut.

momen pengamen jalanan gunakan QRIS TikTok/@@rijal_duha26

foto: TikTok/@@rijal_duha26

Inovasi yang dilakukan para pengamen tersebut tentu membuat masyarakat tak bisa lagi menggunakan alasan tak memiliki uang kecil untuk menghindari pengamen. Unggahan video tersebut akhirnya menimbulkan komentar dari para warganet. Ada yang mengatakan bahwa sudah tidak ada alasan lagi untuk tidak memberi kepada pengamen. Ada pula yang mengatakan omset yang didapatkan para pengamen bisa mencapai 2 digit.

Gilaa berapa penghasilan tuu pengamen? setauku qris ada minimal penghasilan nya deh," ucap akun @Lip .

Gw : maaf mas gk ada duit cash, pengamen : bisa pake qris mas," tulis akun @felix artezzy.

Pusing ni kalau gini, udah ga ada alesan lagi buat gak ngasih," ujar akun @maulana_c.

Udah fiks gabisa ngeles buat bilang 'maaf gada recehan'," tulis akun @Dapp.

Tukang somay langganan aku blm pakai Qris udah kalah sma tukang ngmen," ucap akun @mayaa_isyah



@rijal_duha26

parah betul

suara asli - frijal