Brilio.net - Direktur Jenderal Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Iwan Suprijanto, secara simbolis peresmian minimarket, Indomaret pertama di Ibu Kota Nusantara (IKN) baru-baru ini. Peresmian ini menandai langkah awal dalam menyediakan layanan ritel bagi masyarakat di kawasan tersebut. Kehadiran Indomaret diharapkan dapat memenuhi kebutuhan harian penduduk di IKN.

Mengutip dari akun resmi Facebook Indomaret, pembukaan minimarket ini diharapkan dapat membantu konsumen dalam mendapatkan produk-produk kebutuhan sehari-hari. Dalam keterangannya, Indomaret menyatakan kebanggaannya atas pencapaian tersebut.

"Dengan mengucapkan syukur alhamdulillah, menjadi kebanggaan dan sejarah, hari ini 11 Agustus 2024, Indomaret pertama kali buka di dalam Ibu Kota Nusantara (IKN)," tulis pihak Indomaret dikutip brilio.net pada Jumat (23/8).

belanja di satu-satunya minimarket IKN © Instagram

foto: Instagram/@amooeyy

Seorang wanita dengan akun @amooeyy membagikan momen saat dirinya belanja di satu-satunya minimarket yang ada di IKN itu. Meski baru saja diresmikan, tampak sudah banyak orang yang datang berbelanja, baik masyarakat biasa ataupun orang-orang yang mengenakan baju proyek.

"Belanja di Indomaret satu-satunya di IKN," kata akun @amooeyy.

Bangunan minimarket tersebut memang tampak baru dengan chat berwarna putih. Namun saat ingin masuk ke dalam untuk berbelanja, pelanggan diwajibkan untuk melepas alas kakinya terlebih dahulu. Ini adalah praktik yang jarang sekali terjadi di minimarket di tempat lain.

belanja di satu-satunya minimarket IKN © Instagram

foto: Instagram/@amooeyy

Saat masuk ke dalam, benar pelanggan semuanya tanpa alas kaki atau biasa di sebut nyeker. Bukan tanpa sebab, hal ini dilakukan demi menjaga kebersihan lantai minimarket. Menurut pengakuan @amooeyy lantai tersebut memang tampak selalu bersih.

"Nyeker semua, lantainya bersih terus," tulisnya.

Namun, aturan melepas alas kaki ini juga memiliki kekurangan. Salah satunya terjadi ketika seorang teman wanita dalam video tersebut membawa alas kaki yang berbeda dari yang dipakai sebelumnya. Saat datang, ia mengenakan sepatu, dan hal ini baru disadari ketika mereka sudah berada jauh dari minimarket.

belanja di satu-satunya minimarket IKN © Instagram

foto: Instagram/@amooeyy

"Akibat masuk kudu lepas alas kaki. Bisa-bisanya temen gue datang pakai sepatu pulang pakai sendal orang bjiirrr," imbuhnya. Akibatnya, mereka semua terpaksa berputar arah untuk kembali meni,minimarket tersebut.

Video ini lantas menjadi viral dan mengundang perhatian netizen. Banyak yang terkejut dengan aturan yang harus membuka alas kaki ketika hendak belanja. Bahkan tidak sedikit yang penasaran bagaimana ceritanya alas kaki bisa tertukar.

belanja di satu-satunya minimarket IKN © Instagram

foto: Instagram/@amooeyy

"Anjir udah kaya mau ke masjid aja di buka sandal atau sepatunya," kata akun @sigit.wonk.

"Dikabarkan krn disana proses pembangunan besar2an jd berdebu... Kl ngga dilepas tu alas kaki karyawannya kasian bgt," tulis akun @lumphiaaa.

"Gemeesss bgt lepas kakii," komentar akun @suaranyahera.

"Asal dak ketuker aja nanti sepatu dan sendalnya," ujarnya.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh (@ammoeyy)