Brilio.net - Kehadiran serangga atau hewan kecil yang masuk ke dalam kamar tentu akan merepotkan. Rasa cemas pun akan muncul, terlebih jika kamu tidak tahu harus melakukan apa untuk mengusirnya. Apalagi ada beberapa hewan kecil yang dapat menggigit atau menyengat.

Hal itulah yang dirasakan oleh wanita satu ini. Ia tidak sengaja menemukan lipan di kamar kosnya. Karena itu, wanita tersebut memutuskan untuk memanggil Damkar. Kisahnya bisa dilihat pada video TikTok yang diunggah akun @nexuss55.

Wanita itu kaget bukan main saat melihat lipan di kamarnya. Meski hanya seekor, tapi ia tidak berani mengeluarkan lipan tersebut. Pasalnya, lipan merupakan hewan yang bisa menggigit.

wanita hubungi Damkar karena lipan © TikTok

foto: TikTok/@nexuss55

Lipan adalah hewan dari kelas Chilopoda, yang merupakan bagian dari filum Arthropoda. Mereka adalah hewan karnivora dan biasanya berburu serangga kecil, laba-laba, dan invertebrata lainnya. Beberapa spesies lipan juga dapat memberikan gigitan menyakitkan yang bisa berbahaya bagi manusia, meskipun jarang berakibat fatal.

Karena kepanikan tersebut wanita itu lantas memanggil petugas Damkar. Tak berselang lama petugas Damkar pun datang dengan mobil dinasnya. Terlihat ada 4 petugas Damkar yang akan mengevakuasi seekor lipan tersebut.

wanita hubungi Damkar karena lipan berbagai sumber

foto: TikTok/@nexuss55

"Orang gila mana yang panggil pemadam karena ada lipan masuk kamar kosnya? Gue," katanya dikutip brilio.net dari akun TikTok @nexuss55 pada Jumat (26/7).

Dengan peralatan lengkap, para petugas Damkar tersebut akhirnya berhasil mengeluarkan lipan yang ada di kamar. Wanita itu pun berterima kasih kepada para petugas. Diketahui, insiden ini terjadi di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.

Namun, atas aksinya tersebut, ia justru mendapat hujatan dari netizen. Beberapa warganet menilai, memanggil Damkar karena persoalan sepele hanya akan merepotkan petugas saja. Terlebih sebenarnya hal itu bisa diselesaikan sendirian.

"Kasian gak si kalo gitu cuman ngambil lipan doang," kata akun @ny.

"Yaelah mba, mintol tetangga kalau lipan mah. kasian petugas Damkarnya," tulis akun @arcs.

wanita hubungi Damkar karena lipan © TikTok

foto: TikTok/@nexuss55

Menanggapi hal tersebut, wanita ini mengatakan bahwa sebenarnya sudah meminta tolong ke ibu kos. Namun, baik ibu maupun bapak kosnya sedang tidak ada di rumah. Sementara ia tidak mengenal satupun orang di sekitar kos tersebut untuk dimintai bantuan.

"Aku udah chat ibu bapak kos. Tapi mereka lagi di kantor kerja, sedangkan di situ nggak ada yang aku kenal," tulisnya.

Ia juga berujar sempat bertanya terlebih dahulu kepada petugas Damkar. Apakah tidak masalah jika mengevakuasi lipan. Dengan santai petugas menjawab bahwa hal tersebut memang menjadi kewajiban dari Damkar.

"Toh juga Damkarnya fine2 aja, malah sblum dtg juga udh sempat Aku Tanya, katanya nggak papa," katanya.

Video ini lantas menjadi viral dan mengundang perhatian netizen. Mereka lantas memuji petugas Damkar tersebut yang bersedia datang meski hanya mengevakuasi lipan.

wanita hubungi Damkar karena lipan © TikTok

foto: TikTok/@nexuss55

"Mau kasihan tapi pasti sebelum dtg pemadamnya nanya dulu masalahnya apa, dn yaa mereka pasti tau masalahnya hanya sekedar lipan. justru respect mereka tetap dtg," ujar akun @blubuk.

"Bener-bener salut sih ama petugas nya, ngebelain dateng demi seekor lipan," komentar akun @destirand.