Brilio.net - Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk pertama kalinya bermalam di Kantor Presiden Ibu Kota Nusantara (IKN) yang berada di Kalimantan Timur pada Minggu malam. Dalam keterangannya kepada pers pada Senin pagi (29/7), Jokowi mengungkapkan pengalamannya bermalam di tempat tersebut.

Jokowi mengakui bahwa semalam ia tidak bisa tidur dengan nyenyak. Hal ini mungkin terjadi karena itu adalah kali pertama ia bermalam di Kantor Presiden IKN.

"Gimana? Ee..enggak nyenyak. Saya ngomong apa adanya," kata Presiden Jokowi saat memberi keterangan pers di Kantor Presiden IKN Kawasan Inti Pusat Pemerintahan Kalimantan Timur, melansir dari Antara pada Selasa (30/7).

Presiden Jokowi menambahkan bahwa mungkin ketidaknyamanan tidurnya disebabkan oleh kebiasaan baru yang belum terbiasa.

kamar dan kantor jokowi di ikn © 2024 Instagram

foto: Instagram/@jokowi

"Ya mungkin pertama kali saja mungkin masih belum, belum apa ya, belum nyenyak," kata Jokowi.

Dalam unggahan di Instagram, Jokowi membagikan potret kamar tidurnya di IKN. Kamar tidur dengan nuansa putih dan cokelat itu memberikan kesan sederhana namun elegan. Tempat tidur dengan sprei berwarna putih disertai meja kecil dan air purifier di sisi kanan dan kiri kasur menambah kenyamanan ruangan.

Kamar baru Jokowi di IKN memiliki dekorasi yang mewah namun tetap sederhana. Nuansa putih dan cokelat mendominasi ruangan, menciptakan suasana yang tenang dan elegan. Selain tempat tidur dengan sprei putih, terdapat meja kecil di kedua sisi kasur dan air purifier yang berfungsi untuk menjaga kualitas udara di dalam kamar.

kamar dan kantor jokowi di ikn © 2024 Instagram

foto: Instagram/@jokowi

Kantor Presiden IKN juga tidak kalah megah. Sisi-sisi dindingnya memakai kayu dengan tampilan mengkilap, memberikan kesan yang elegan dan prestisius. Di atas dinding belakang meja Jokowi, terpasang patung Garuda yang menambah wibawa ruangan tersebut.

Jokowi sudah mulai menjajal berkantor di IKN dengan menerima jajaran Otorita IKN dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kalimantan Timur.

"Hari ini saya ratas dengan OIKN, gubernur, dan bupati di sekitar IKN. Ini pemanasan. Ya kalau berkantor ya ini namanya soft ngantor. karena kan masih banyak lewat pekerja juga," kata Jokowi.

kamar dan kantor jokowi di ikn © 2024 Instagram

foto: Instagram/@jokowi

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengungkap alasan Jokowi tidak tidur nyenyak di IKN. Menurut Basuki, masalah pada pendingin ruangan alias AC menjadi penyebabnya.

"Iya, tadi karena AC-nya," jawab Basuki di Istana Garuda.

Basuki melanjutkan bahwa ada masalah pada mesin AC yang mungkin membuat ruang istirahat presiden kurang sejuk.

"Ada, ya karena chiller-nya belum terisi air. Ya di sini memang open udaranya. Tapi di ruangan lagi dingin, padahal kemarin sudah tumpeng dan doa bersama," pungkasnya.

Sebelumnya, pada 5 Juni 2024, Jokowi menginap di Rumah Dinas Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono yang berada di Kompleks Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Saat itu ia mengaku bisa tidur dengan nyenyak.

"Tidur nyenyak sekali," ujar Jokowi.