Brilio.net - Mahar adalah salah satu komponen penting dalam pernikahan. Biasanya, mahar menjadi perhatian utama karena dinilai sebagai sebagai indikator kemampuan finansial pengantin pria. Dalam banyak budaya, mahar merupakan simbol komitmen dan tanggung jawab.

Tingginya nilai mahar dapat dilihat sebagai cerminan dari kekayaan atau kesanggupan materi yang sering dianggap sebagai ukuran status sosial atau keberhasilan finansial. Namun jika maharnya terlalu tinggi, maka pernikahan pasangan tersebut tentu menjadi sorotan. Persis seperti pernikahan antara Gerry dan Syifa ini yang jumlah maharnya fantastis.

Dalam unggahannya yang dibagikan akun TikTok @iisyunerli08, tampak sedang berlangsung momen ijab kabul di dalam ruangan. Dekorasinya simpel namun mewah, terlebih pencahayaannya yang berwarna kuning emas. Pengantin pria maupun wanita mengenakan pakaian pengantin berwarna biru.

Nikah mahar Rp1 Mahar © TikTok

foto: TikTok/@iisyunerli08

Diketahui, Gerry dan Syifa merupakan pasangan yang berasal dari Banten. Namun yang menjadi sorotan dalam pernikahannya adalah momen penyebutan mahar pada ijab kabul mereka. Tidak tanggung-tanggung, Gerry sanggup memberi mahar sejumlah Rp1 miliar.

"Saya nikahkan engkau dengan putri saya bernama Syifa Binti Zainuddin dengan mas kawin uang tunai Rp 1 miliar," ucap wali nikah yang dikutip brilio.net dari akun @iisyunerli08 pada Minggu (1/9).

Rupanya tidak hanya uang Rp1 miliar, Gerry juga memberikan aset berupa beberapa hektar kebun. Di antaranya adalah 1 hektar kebun kelapa sawit dan satu hektar kebun cengkeh yang tentunya sangat menghasilkan.

Tak sampai di situ, masih ada 60 pintu kontrakan dengan 120 jendela yang dipersembahkan oleh Gerry untuk sang istri. Mendengar hal tersebut, Gerry hanya tampak tersenyum sambil menunggu gilirannya untuk menerima nikah dari wali.

Nikah mahar Rp1 Mahar © TikTok

foto: TikTok/@iisyunerli08

"Saya terima nikah dan kawinnya, Syifa binti bapak Zainuddin dengan mas kawin uang tunai 1 miliar rupiah, satu hektar kebun kelapa sawit, 1 hektar kebun cengkeh, 60 kontrakan dan 120 jendela di bayar tunai," ucap Gerry lancar dalam satu tarikan napas.

Setelah itu, wali bertanya ke saksi yang duduk di sekitar. Semuanya sepakat untuk menjawab sah dan sontak mengucap Alhamdulillah. Baik Gerry maupun Syifa langsung menampilan senyum kelegaan karena keduanya resmi menjadi sepasang suami istri.

Pada dasarnya, Islam sendiri tidak mengatur secara khusus jumlah mahar yang harus diberikan laki-laki kepada perempaun. Namun, dalam hadist disebutkan bahwa, "Sesungguhnya, di antara keberkahan seorang perempuan adalah ketika memudahkan lamarannya, maharnya, dan juga rahimnya." (Musnad Ahmad, no. 25116).

Nikah mahar Rp1 Mahar © TikTok

foto: TikTok/@iisyunerli08

Video ini lantas menjadi viral dan mengundang perhatian netizen. Banyak yang memuji keseriusan Gerry dalam menunjukkan cintanya. Tidak sedikit juga yang mempersoalkan jumlah mahar yang disebutkan saat ijab qobul.

"Sebaik baiknya mahar yaitu mahar yang tidak merendahkan wanita dan tidak memberatkan pria," kata akun @ade.

"Padahal ga usah disebutin lagi tinggal jawab dengan mas kawin tersebut dibayar tunai," tulis akun @anun

"Seketika para wanita menghayal.. kapan ya ada pria yang menikahi aku dengan mahar seperti ini," ujar akun @andri.

"Masya Allah ga tanggung2 di bikin smua harta benda nya buat mahar saluT bgd bang semoga samawa jodoh sampai maut memisahkan," komentar akun @dpurple2103.

 

@iisyunerli08

Jangan iri yadekyaaaa Siapa yg impian mahar nya kaya gini Wedding day Syifa & Gerry

suara asli - Iis Yunerli