Brilio.net - Bertepatan dengan perayaan Kemerdekaan Indonesia yang ke-79 pada Minggu (17/8) 2024 kemarin, Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi merilis desain baru paspor RI. Peluncuran desain tersebut, digelar di Hotel Kempinski Indonesia yang diresmikan oleh Menkumham Yasonna Laoly.

Tak berlaku sekarang, desain paspor baru RI ternyata baru mulai diberlakukan pada 2025 mendatang. Nah, perubahan desain ini tidak hanya semata pada warna paspor saja tetapi ada berbagai inovasi lainnya termasuk fitur keamanan paspor baru tersebut.

Pada peluncuran, Yasonna H. Laoly menyampaikan sejumlah apresiasi positif terhadap perubahan paspor. Terutama pada desainnya yang mewakili duta kebudayaan Indonesia di kancah internasional.

Pasalnya paspor baru menerapkan standar dan rekomendasi internasional yang ditetapkan dalam The International Civil Aviation Organization (ICAO) Annex 9 tentang Facilitation Bab 3, Subbab C menegaskan bahwa setiap negara anggota secara berkala meningkatkan keamanan paspor.

Lantas seperti apa desain dan keamanan paspor baru Indonesia? Yuk simak ulasan lengkap di bawah ini! Seperti disadur brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (20/8).

Desain paspor baru Indonesia.

Kenali desain dan keamanan paspor baru Indonesia © 2024 Instagram

Kenali desain dan keamanan paspor baru Indonesia
Instagram/@ditjen_imigrasi

- Segi desain.

Berdasarkan ulasan Dirjen Imigrasi, Kemenkumham Silmy Karim yang dilansir pada laman imigrasingurahrai.kemenkumham.go.id, desain baru paspor Indonesia bernuansa merah dan putih, hal ini untuk menggantikan nuansa warna hijau kebiruan pada desain paspor lama.

Selain itu, pada setiap lembar isi paspor desain baru Indonesia menggunakan 33 motif kain nusantara. Adapula motif-motif yang menunjukkan khas daerah seperti rumah tradisional.

Penggunaan kain nusantara dilatarbelakangi oleh banyak motif kain Indonesia yakni sebanyak 5.849 dari Sabang sampai Merauke. Pada dasarnya desain baru ini bertemakan kebhinekaan. Halaman depan berwarna merah dengan lambang Garuda warna putih dengan huruf putih (melambangkan warna merah putih).

- Segi keamanan.

Menilik dari aspek keamanan paspor, terdapat peningkatan dimana mengikuti aturan yang ditetapkan oleh The International Civil Aviation Organisation (ICAO). Pada ICAO Annex 9 tentang Facilitation Bab 3, Subbab C disebutkan bahwa setiap negara harus secara berkala memperbarui teknik dan fitur pengamanan paspor sesuai dengan perkembangan terbaru.

Tujuan meningkatkan keamanan dilakukan dengan upaya menghindari pemalsuan, replikasi, duplikasi, hingga penggantian serta penghapusan data pada paspor Indonesia. Tak sampai disitu saja, terdapat kombinasi fitur keamanan yang diterapkan dalam desain baru paspor yakni:

- Sampul tahan panas
- Fleksibel
- Mampu melindungi chip
- Sementara, bagian biodata paspor yang terbuat dari bahan polikarbonat serta diberikan coating pada permukaannya.

Nggak kalah menarik, kertas buku paspor Indonesia desain baru dipasangi pengaman yang sensitif terhadap kimia, di mana tinta yang dipakai ialah tinta kasat mata (fluorescent ink) sekaligus tinta tidak kasat mata (infrared ink) yang berpendar di bawah sinar ultraviolet. Selanjutnya, tinta tersebut juga digunakan benang jahitan buku paspor yang terbuat dari tiga warna.