Brilio.net - Perayaan Maulid Nabi selalu jadi momen spesial bagi Umat Islam di seluruh dunia. Hari peringatan lahirnya Nabi Muhammad SAW ini dirayakan dengan suka cita oleh umat Muslim, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Di Indonesia sendiri, Umat Islam merayakan Maulid Nabi dengan berbagai tradisi yang berbeda-beda di setiap daerah. Namun umumnya, perayaan Maulid Nabi selalu melibatkan telur.

Brilio.net melansir dari berbagai sumber Senin (16/9), bukan tanpa alasan, telur merupakan simbol perayaan umat Islam yang punya makna yang sangat filosofis. Telur disimbolkan sebagai tiga lapisan Islam. Kulit sebagai Iman, putih telur sebagai Islam, sementara kuning telur sebagai Ihsan.

Karenanya, telur seringkali jadi benda yang dihias pada saat acara karnaval, atau pengajian Maulid Nabi. Namun, selain jadi benda hiasan, telur juga jadi salah satu isian berkat, seperti yang didapat oleh jamaah Maulid Nabi berikut ini.

Dalam video yang viral di media sosial, tampak penampakan berkat para jamaah Maulid Nabi yang isinya bikin melongo. Video pendek yang dibagikan ulang oleh akun Instagram @undercover.id, memperlihatkan bapak-bapak yang baru saja selesai mengikuti pengajian Maulid Nabi. Masing-masing dari jamaah membawa berkat yang luar biasa.

Penampakan berkat Maulid Nabi di Bondowoso Instagram

foto: Instagram/@undercover.id

Ditempatkan dalam sebuah kotak dari kayu. Ternyata isi berkat para jamaah tak lain adalah telur, yang jumlahnya cukup banyak memenuhi isi kotak kayu tersebut. Diketahui telur yang dibawa sekitar 2 kilogram lebih.

Selain itu, ada juga berkat yang ditempatkan dalam plastik kresek putih yang ditumpuk di atas kotak telur tersebut. Momen penampakan isi berkat telur sekotak ini diketahui terjadi di daerah Pujer, Bondowoso, Jawa Timur.

Penampakan berkat Maulid Nabi di Bondowoso Instagram

foto: Instagram/@undercover.id

Video ini pun membuat warganet menuliskan berbagai responnya. Sebagian mengapresiasi penyelenggara pengajian Maulid Nabi yang begitu royal kepada para jamaah. Ada juga yang menyebut kalau pemberian berkat dengan banyak telur ini bikin penjual telur di daerah tersebut bisa sepi dalam beberapa hari.

"Semua karena kecintaan dan ingin membahagiakan Baginda Rosulullah,hingga yg sifatnya duniawi/harta sudah tidak sayang lg untuk diberikan kpd Ummat Rosulullah Saw. Semoga bs mengikuti jejak mereka. Aamiin," tulis pemilik akun @a_baihaqi.alabror.

Penampakan berkat Maulid Nabi di Bondowoso Instagram

foto: Instagram/@undercover.id

"Mau cerita pernah tetamu ke orang bangkalan masyaAllah jamuannya orang madura kalau ngasih itu gk tanggung" apalagi sama tamu jauh," kata akun @za_nadhiya1306.

"Untuk beberapa hari kedepan, tukang telor disekitar situ akan anyeb. ," kata akun @robby.purwanagara.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by KRITIS, INFORMATIF, EDUKATIF (@undercover.id)