Brilio.net - Naik gunung adalah kegiatan yang memerlukan fisik kuat dan stamina yang prima. Pasalnya, aktivitas ini menuntut kemampuan untuk berjalan dan mendaki dalam waktu yang sama, apalagi dengan membawa beban berat berupa peralatan dan persediaan. Selain itu, medan yang bervariasi dan curam membutuhkan kekuatan otot dan keseimbangan tubuh yang baik.

Karena itu, aktivitas mendaki gunung biasanya dilakukan oleh orang muda. Namun, siapa sangka ada juga orang tua yang melakukannya. Seperti wanita paruh baya dalam video ini. Penampakannya bisa dilihat lewat postingan TikTok dengan akun @mang.peno.

Pria pembuat video diketahui sedang mendaki Gunung Sangar yang terletak di Desa Mekarjaya, Kecamatan Arjasari, Kabupaten Bandung. Diketahui, ketinggian gunung tersebut mencapai 1.690 meter di atas permukaan laut (MDPL). Untuk sampai ke puncak, biasanya pendaki memerlukan waktu kurang lebih satu hari.

wanita 75 tahun kuat daki gunung © TikTok

foto: TikTok/@mang.peno

Namun, saat beristirahat, pria dengan panggilan Mang Peno ini tidak sengaja bertemu dengan pendaki lain. Ada 4 orang wanita yang salah satu di antaranya merupakan lansia berusia 75 tahun.

Mang Peno tampak terkejut saat melihat wanita paruh baya tersebut. Pasalnya, di umur yang sudah tak lagi muda tetapi masih sanggup mendaki gunung. Kondisi fisiknya masih terlihat sehat dan bugar.

"Nenek tangguh 75 tahun di 1.690 MDPL," tulis pembuat video.

wanita 75 tahun kuat daki gunung © TikTok

foto: TikTok/@mang.peno

Setelah berapa menit beristirahat, mereka semua akhirnya kembali mendaki. Sang nenek tampak tersenyum dan semangat untuk bisa sampai ke puncak. Mang Peno sangat kagum dengan semangat hidup dan ketangguhan nenek tersebut.

"Bukan kaleng-kaleng bos," tulisnya.

Mang Peno membeberkan bahwa jalur yang dilewati untuk mendaki gunung tersebut hanya ada beberapa yang datar. Tapi secara keseluruhan lebih banyak tanjakan ekstrim. Sehingga memang butuh tenaga ekstra untuk sampai ke atas.

Banyak yang penasaran dengan rahasia dari sang nenek yang masih sanggup mendaki di usia senja. Mang Peno mengungkapkan bahwa salah satu resepnya adalah soal konsumsi makanan. Sewaktu nenek tersebut kecil, ia sering memakan jenis sayur-sayuran bahkan hingga di usianya 75 tahun.

wanita 75 tahun kuat daki gunung © TikTok

foto: TikTok/@mang.peno

Selain itu, makanan di zaman sekarang juga cepat saji yang minim nutrisi. Mang Pengo mengatakan bahwa wanita tersebut tidak pernah ikut-ikutan mengkonsumsinya, karena itulah ia menjadi sehat dan bugar seperti sekarang.

"Tau nggak resepnya apa katanya? Waktu kecil dia sering konsumsi makanan sayuran sampai sekarang. Nggak pernah makan yang aneh kayak sekarang," tulis Mang Peno.

Kisah ini lantas menjadi viral dan mengundang perhatian netizen. Tidak sedikit dari mereka yang juga turut takjub terhadap fisik sang nenek. Mereka memujinya di kolom komentar.

"Ihh gue baru liat selama gw naik-naik gunung baru liat udah berumur masih naik gunung respect si suhu itu," kata akun @ganjaralamsyah.

"Gue suruh jalan 1 km jalan datar aja ngos-ngosan," tulis @anna.

"Yang ibu-ibu dan nenek-nenek naik jalur resmi.. Keren.. Yg buat vt gimana?" kata akun @royhasby.

"Hebat mak euuyy, masih kuat naek gunung, The Real senior, sehat2 terus mak !!!!" komentar akun @denisrumansyah.

wanita 75 tahun kuat daki gunung © TikTok

foto: TikTok/@mang.peno

Dari video tersebut diposting hingga artikel ini ditulis, akun @mang.peno sudah menghimpun 348,700 penonton. Selain itu terdapat juga 20,700 akun yang memberi like dan ratusan komentar.

 

@mang.peno Bukan kaleng kaleng boss #gunung #hiking #hutan #wisataalam #camping #pyf #gunungsangar suara asli - mang peno