Brilio.net - Masjid tidak hanya sebagai tempat ibadah, tetapi juga pusat kegiatan sosial, pendidikan, dan kebudayaan. Dengan fasilitas dan program yang beragam, masjid mendukung berbagai kegiatan bermanfaat. Ini menjadikannya pusat peradaban yang menyatukan umat dalam membangun kehidupan yang lebih baik secara spiritual dan sosial. Sebab itu, masjid tak hanya jadi rumah yang terbuka untuk muslim, tapi juga bagi seluruh umat beragama.

Pun begitu dengan Masjid Pemuda yang terletak di Surabaya ini. Masjid ini menerima seorang wanita paruh baya yang beragama Kristen untuk menggunakan fasilitas yang ada. Wanita itu mengaku setiap hari datang ke masjid tersebut. Kisah ini diposting lewat Instagram di akun @mufrihrizqullah.

Awalnya, dengan pakaian sederhana, wanita tersebut bertanya apakah boleh menggunakan toilet masjid untuk menumpang mandi. Saat itu, ia juga tengah mengikuti program makan gratis diadakan oleh masjid tersebut. Dengan senang hati petugas yang berjaga membolehkan.

wanita non muslim setiap hari datang ke masjid © Instagram

foto: Instagram/@mufrihrizqullah

Sang ibu tentu tampak ragu, sebab ia bukan pemeluk agama Islam. Bahkan ketika ditanya darimana, sang ibu menjawab baru saja habis ibadah di gereja . Meski demikian, ia tetap diterima untuk datang dan makan di masjid tersebut.

"Saya nonis, cuma saya bersyukur di sini diterima dengan baik," ungkapnya dilansir dari akun @mufrihrizqullah pada Selasa (13/8).

wanita non muslim setiap hari datang ke masjid © Instagram

foto: Instagram/@mufrihrizqullah

Sang ibu mengaku, ia memang sudah beberapa kali datang untuk makan di masjid tersebut. Kebetulan masjid menyediakan berbagai fasilitas secara gratis. Seperti Makan, toilet, sabun, tempat istirahat, kopi, teh, minuman air mineral, laundry dan lain sebagainya.

Bukan tanpa alasan sang ibu harus mengunjungi masjid setiap hari. Ternyata ia saat ini hidup berpindah-pindah tempat. Ia tak punya rumah karena sudah dijual oleh mantan suaminya.

"Nggak punya rumah saya mas. Rumah saya sudah dijual sama mantan (suami)" ucapnya.

"Numpang tidur dari toko ke toko, kalau di usir ya cari tempat lain. Sama juga untuk mandi," lanjut ibu tersebut.

wanita non muslim setiap hari datang ke masjid © Instagram

foto: Instagram/@mufrihrizqullah

Ibu tersebut juga bercerita ia sebenarnya tidak sebatang kara. Punya dua anak yang sudah menikah. Ia juga sudah dikaruniai 5 orang cucu. Namun, mantan suami dengan tegas melarang anak-anaknya untuk menampung ibu tersebut.

"Ada mas 3, puji Tuhan sudah menikah semua dan saya punya 5 cucu. Tapi mantan suami melarang anak-anak menampung saya," ujarnya.

Mendengar cerita yang begitu pilu, petugas masjid yang berbincang dengan ibu itu tak sanggup melanjutkan pertanyaan. Ia tak ingin sang ibu kembali mengingat luka masa lalu. Petugas tersebut mengatakan agar sang ibu tak sungkan untuk kembali datang ke masjid.

"Barang-barang pribadi saya mas seperti baju, celana, sabun, handuk, sikat gigi, DLL. sepeda ini bagi saya 'rumah berjalan'" ungkap ibu tersebut.

"Terimakasih sudah mau berbagi cerita kepada kami. Maaf kalau pelayanan yang ada di sini belum maksimal ya bu. Pokoknya ibu nggak usah sungkan lagi ya dengan semua fasilitas yang ada di sini," kata petugas tersebut.

Kisah ini lantas menjadi viral dan mengundang perhatian netizen. Tidak sedikit yang terharu dengan cerita yang dibagikan. Selain itu, warganet juga memuji pengelola masjid yang benar-benar menerapkan fungsinya sebagai kegiatan sosial.

wanita non muslim setiap hari datang ke masjid © Instagram

foto: Instagram/@mufrihrizqullah

"Bangga dengan pengurus masjid nya. Semoga semakin banyak yang bisa seperti ini. Membantu tanpa memandang agama. Ini lah ISLAM yang sesungguh nya. Agama yang damai, penuh kasih, dan menghargai antar sesama manusia," tulis akun @andrywprasetyono

"Untung bisa ketemu dan follow akun ini..jadi setiap hari bisa tambah bersyukur. Semoga pahala dan rezeki mengalir terus ke relawan masjidnya. Aaminn," kata akun @adit_asqi

"Sehat-sehat terus ya buat relawan masjid semoga selalu dalam lindungan Allah dan tetap terus menebar kebaikan," ujar akun @faridalkautsar212.

"Selalu ada cerita kehidupan yg kita gak tau latar belakang mereka sperti apa, berkah dan sehat sllu utk smua pengurus masjid nya," komentar akun @budi.sulistiono1987.