Brilio.net - Tata cara pengambilan foto untuk dokumen resmi memang cenderung kaku dan nggak fleksibel. Setiap orang harus bersikap sempurna, bergaya rambut klimis, berpakaian rapi tanpa makeup maupun aksesori yang dikenakan. Praktik ini sudah dilakukan turun-temurun sejak generasi terdahulu. Namun, seiring berkembangnya zaman, foto resmi pun sudah selayaknya mengalami perubahan.

Selain resolusi kamera yang makin andal, keterampilan dan tata cara pengambilan foto pun lebih dinamis sesuai kebutuhan. Seperti yang dipraktikkan oleh studio foto Debby Motret & TEAM berikut ini. Belakangan studio foto dengan akun Instagram @dm_studiophoto_pky ini jadi buah bibir di media sosial, karena unggahannya soal foto ijazah yang mencengangkan.

Debby Motret & TEAM mengunggah hasil terobosan dalam pengambilan foto ijazah yang sebelumnya identik dengan kesan kaku. Kesan foto ijazah yang ‘burik’ alias tidak estetik diubah menjadi foto berkualitas tinggi dengan menampilkan wajah siswa yang begitu cantik. Alih-alih seperti foto formal, hasilnya justru tampak bak foto model profesional.

foto ijazah jadi estetik © instagram.com

foto: Instagram/@dm_studiophoto_pky

Para siswi SMA yang berfoto ijazah dengan jasa mereka diperkenankan memakai riasan tipis yang natural. Riasan ini tidak mengubah wajah mereka, justru berhasil memberikan kesan segar pada penampilannya. Pun begitu dengan murid laki-laki yang hasil fotonya tidak kalah estetik. Meski tanpa riasan, tapi keterampilan dalam pengambilan gambar membuat foto ijazah ini bukan sekadar pas foto yang menjemukan.

Foto juga diambil dengan latar belakang kuning yang membuat warna kulit siswa terlihat makin terang. Dengan teknik pengambilan foto maupun tata cara yang baru ini, tak ayal unggahan tersebut meraup atensi pengguna media sosial. Hingga artikel ini ditulis, sebanyak 9,3 juta tayangan sudah dikumpulkan, begitupun dengan 500 ribu likes dan ribuan komentar.

foto ijazah jadi estetik © instagram.com

foto: Instagram/@dm_studiophoto_pky

Studio foto ini jadi populer karena berhasil membuat foto ijazah jadi tampak ‘normal’. Maklum, umumnya orang mengeluhkan foto-foto mereka dalam dokumen resmi. Apalagi jika diambil dengan tata cara lama yang mengharuskan orang tampil apa adanya. Selain itu, di zaman dulu makeup natural juga belum ngetren seperti sekarang.

Foto ijazahku kayak orang tipes,” ungkap akun @rinda_amalia.

Ijazah gw kek orang kanker botak pucet,” tutur akun @loon.rs.

Apa lah daya ku foto ijasah gak pake alis dan lipstik udh aja polosan,” kata akun @fauzanarkanfadillah.

Foto ijazah ku, rambut e di belah tengah, rilll tengah. Klimis, dan batuk jenong. Senyum setengah ikhlas,” komentar akun @firdaziahh.

foto ijazah jadi estetik © instagram.com

foto: Instagram/@dm_studiophoto_pky

Dalam pemotretan ini, Debby Motret & TEAM mengusung visi agar siswa-siswi percaya diri mengunggah foto ijazah mereka.

Sekarang jadi PD upload foto ijazah, gara-gara fotonya di DM studio,” terangnya dalam unggahan.

Bahkan, mereka menantang warganet untuk menunjukkan foto ijazah mereka. Tentunya tantangan ini membuat warganet jadi saling curhat soal foto ijazah mereka yang nggak ada estetik-estetiknya. Tidak sedikit yang memenuhi komentar dengan mempertanyakan keabsahan foto ijazah dengan gaya baru yang menarik ini.

foto ijazah jadi estetik © instagram.com

foto: Instagram/@dm_studiophoto_pky

Keknya pas jamanku, poto resmi *wajib kliatan* telinganya, skr uda nggak ya,” ujar akun @r_koesoema_d.

Bukannya foto ijazah hafus kliatan telinga ya,” tanya akun @pandinie28.

Yaa bukan masalah siapa yg foto sih, dulu tuh anak SMA ga boleh pake lipstick apalagi softlens ... jadiny foto pure bedak tabur aja,” akun @pputriwhyuni__ mengakui.

Disekolahku malah disuruh hpus alis sama liftiknya,masi pake liptin lipbalm suruh hpus,” ucap akun @itsme_rrraaa.

Meski mengundang pro dan kontra soal boleh tidaknya foto ijazah dilakukan dengan tata cara seperti itu, namun terobosan yang kekinian ini tentu boleh dipertimbangkan.