Brilio.net - Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), ibu kota baru Negara Indonesia, terus berlangsung di Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Meski masih dalam tahap konstruksi, proyek ambisius ini dijadwalkan akan diresmikan tepat pada hari Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2024.

Usai diresmikan maka operasikan IKN akan berlanjut. Untuk itu, ribuan Aparatur Sipil Negara (ASN) akan pindah dari Jakarta ke IKN.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas memperkirakan proses perpindahan ASN ke IKN akan dilakukan Agustus tahun ini. Pada tahap awal ini, setidaknya ada 2.500 ASN yang akan bergeser.

Secara total sampai Desember 2024, Kementerian PANRB menghitung kurang lebih 12 ribu ASN terdiri dari JPT Madya, JPT Pratama, Jabatan Administrator, Jabatan Fungsional, dan Pelaksana dari 38 Kementeriandan lembaga secara bertahap akan pindah ke IKN.

Sementara itu, para pekerja bekerja siang dan malam mendirikan bangunan berupa hunian dan gedung di IKN. Suasana IKN terkini pun sempat diabadikan oleh netizen di akun TikTok @muhammadaigis.

Dalam video yang dibagikan, pemilik akun tersebut memperlihatkan suasana di gedung istana presiden ketika malam hari. Gemerlap cahaya di sekeliling istana IKN menjadikan suasana di Nusantara makin bersinar.

Istana Garuda IKN di malam hari © TikTok

TikTok/@muhammadaigis

Terlihat juga ada banyak lampu yang menghiasi sayap burung garuda tersebut. Seniman yang sudah mendesain patung Garuda di IKN ini, I Nyoman Nuarta, menuturkan jika patung tersebut akan berubah warna sesuai yang diinginkan.

Namun perubahan warna pada patung Garuda di IKN ini memerlukan waktu, karena proses oksidasi. Setelah warna dari patung Garuda di IKN ini berubah menjadi hijau, maka bangunan ini akan terlihat semakin megah dan mewah.

Istana Garuda IKN di malam hari © TikTok

TikTok/@muhammadaigis

Meskipun belum terlihat rampung sepenuhnya, namun suasana istana terlihat begitu asri dan sejuk. Hal ini dikarenakan dikelilingi oleh taman. Taman tersebut terlihat begitu luas dan ditumbuhi pepohonan serta ada lampu-lampu taman di setiap pohonnya.

Tak hanya itu, terlihat juga jalanan menuju ke istana yang begitu indah dengan penerangan lampu-lampu kecil di sekitarnya. Jalanan tersebut terlihat asri karena pembatas jalanan terbuat dari kayu-kayu.

Istana Garuda IKN di malam hari © TikTok

TikTok/@muhammadaigis

Pemandangan istana IKN di malam hari ini pun menuai reaksi publik. Tak sedikit yang kagum dengan arsitektur bangunan tersebut, hingga menyebutnya seperti infinity castle.

"infinity castle," komentar @mhmmdrestuvwxyz

"vibesnya kek infinite castle," sahut @m4rsha6

"Ga kebayang,kalo sudah jadi semua bakal se indah apa nanti," ujar @hoonwilee_

"wahh gilaa keren bngt klo berlampu,apalgi klo sdh oksidasi," kata @yann_rn

Upacara di IKN besok akan dipimpin oleh Presiden Jokowi didampingi Presiden terpilih, Prabowo Subianto. Adapun untuk tema dari upacara HUT RI ke 79 yaitu Nusantara Baru Indonesia Maju.

Tema tersebut dipilih karena bertepatan dengan tiga momen penting. Mulai dari penyambutan untuk ibu kota baru di Ibu Kota Nusantara, momen penting pergantian presiden, serta menuju Indonesia Emas tahun 2045.

@muhammadaigis #ibukotanusantara suara asli -