Brilio.net - Kegiatan study tour sudah menjadi agenda yang ditunggu-tunggu oleh siswa sekolah. Biasanya, perjalanan edukatif ini dilakukan dengan mengunjungi tempat-tempat bersejarah atau pusat ilmu pengetahuan, memberi kesempatan bagi siswa untuk belajar di luar kelas.

Dalam banyak kasus, rombongan siswa biasanya melakukan perjalanan dengan bus, berkeliling ke berbagai destinasi wisata lokal. Namun, ada yang berbeda dari rombongan study tour siswa SMP di Yogyakarta kali ini. Dalam video yang diunggah oleh akun TikTok @ivanhevry, terlihat rombongan siswa tersebut memilih akomodasi yang jauh lebih mewah, yaitu pesawat.

Tak tanggung-tanggung, pesawat yang mereka sewa adalah Garuda Indonesia. Seperti diketahui, Garuda Indonesia merupakan salah satu maskapai penerbangan kelas atas di Indonesia dan terkenal dengan pelayanan premium.

Study tour sewa bus (X), study tour sewa pesawat Garuda ," tulis pengunggah akun.

siswa SMP study tour ke Jepang © TikTok

foto: TikTok/@ivanhevry

Rombongan siswa terlihat duduk nyaman di kursi pesawat, beberapa tertidur, sementara yang lain bercanda dengan teman-teman atau menikmati pemandangan dari jendela. Diketahui, rombongan ini berasal dari SMP Al Azhar Yogyakarta, dengan tujuan study tour mereka adalah Jepang.

Perjalanan ke Jepang tentunya bukan hal murah. Estimasi biaya perjalanan pulang-pergi (PP) dari Jakarta ke Jepang bisa sangat bervariasi. Tergantung pada sejumlah faktor seperti maskapai penerbangan, waktu pemesanan tiket, kelas yang dipilih, serta musim perjalanan.

siswa SMP study tour ke Jepang © TikTok

foto: TikTok/@ivanhevry

Jika menggunakan maskapai full-service seperti Garuda Indonesia atau Japan Airlines, harga tiket untuk kelas ekonomi biasanya rentang Rp 8-15 juta per orang. Namun, biaya ini bisa melonjak terutama saat musim liburan atau peak season, seperti liburan akhir tahun, liburan sekolah, atau saat perayaan festival populer di Jepang. Pada masa-masa ini, harga tiket ekonomi bisa mencapai Rp 12-20 juta.

siswa SMP study tour ke Jepang © TikTok

foto: TikTok/@ivanhevry

Tak heran, video ini langsung menuai perhatian netizen hingga ditonton lebih dari 1,3 juta kali. Banyak yang penasaran dengan biaya sekolah siswa-siswa tersebut.

"Al Azhar masuk aj totalnya sampai 75jt , menyala 75jt ku," komentar akun @aprasetiawan.

"Kyk gini spp perbulan nya berpa," tanya akun @nendulll.

"7jt per bulan untk boarding nya kak anak saya," jawab akun @ninasetiyana12.

Ga berlaku kaum mendang mending," sahut akun @linda.yanti834,

Al azhar guys jd jangan tanya orangtua murid nya kerja apa," ujar akun @chocholate_pasta.